FRENY OKTAVIANA, 0913043023 (2013) KEMAMPUAN MENARI SIGEH PENGUTEN PADA SISWA KELAS XI IPA3 SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (343Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover dalam,pengesahan, rwyat hdp,snwacana dll.pdf Download (1276Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (531Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (527Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (528Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (549Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (8Mb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (8Mb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (589Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (11Mb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (637Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (529Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah kemampuan menari sigeh penguten pada siswa kelas XI IPA3 di SMA YP Unila Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tari sigeh penguten yang ditinjau dari tiga indikator yaitu wiraga, wirama dan wirasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan pendokumentasian. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 di SMA YP Unila yang berjumlah 39 siswa terdiri dari 24 siswa putri dan 15 siswa putra. Berdasarkan hasil penelitian ditinjau dari proses pembelajaran yaitu aktivitas siswa dalam pembelajaran tari sigeh penguten yang dibagi menjadi empat aspek yaitu visual activities, listening activities, motor activities, dan emotional activities rata-rata siswa memeroleh nilai persentase 70% pada pertemuan pertama dengan kriteria cukup, persentase 75% pada pertemuan kedua dengan kriteria baik, persentase 70% pada pertemuan ketiga dengan kriteria cukup, persentase 70% pada pertemuan keempat dengan kriteria cukup, dan persentase 85% pada pertemuan kelima dengan kriteria baik sekali. Sedangkan ditinjau dari hasil belajar yaitu kemampuan siswa menari sigeh penguten berdasarkan hasil pengamatan pada lembar tes praktik, dapat diketahui bahwa kemampuan siswa dalam menarikan tari sigeh penguten di kelas XI IPA3 SMA YP Unila tergolong cukup. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata kemampuan siswa dalam memeragakan gerak tari sigeh penguten secara keseluruhan memeroleh nilai 68. Ditinjau dari kemampuan per aspek untuk aspek wiraga yaitu urutan gerak dengan nilai persentase 66% tergolong cukup, teknik gerak dengan nilai persentase 66% tergolong cukup, aspek wirama yaitu ketepatan gerak dengan musik dengan nilai persentase 72% tergolong cukup, dan aspek wirasa yaitu ekspresi saat menari dengan nilai persentase 67% tergolong cukup. ABSTRACT The problem which is discussed in this research was the students ability in dancing sigeh penguten of student at class XI science 3 in SMA YP Unila Bandar Lampung. The objective of this research is to describe the process and the students result of study in learning sigeh penguten dance which is consider from 3 aspect that are wiraga, wirama, wirasa. The method which is used in this research was descriptive. This research is use data collecting techniques by the way of observation, interview, and documentation. The resources of this research was the sudents at class XI science 3 in SMA YP Unila Bandar Lampung which consists of 39 students, they are 24 female students and 15 male students. Based on the technique of data analysis, by seeing from the students activities which is divided into four aspect they are visual activities, listening activities, motor activities, and emotional activities with the score presentage 70 % for the first meeting and the criteria was enough, 70% for the second meeting, the criteria good, 70 % for the third meeting and the criteria was enough. 70% for the fourth meeting which is enough as the criteria, and 85 % for the fifth meeting with very good as the ctiteria. By seeing from the students dance ability based on the result of the observation in the sheet of practice test, it can be seen that the abilities of the students of IX IPA3 SMA YP Unila in dancing sigeh penguten dance in the class is enough. It can be seen from the average of students abilities in practicing the sigeh penguten dance. The score was 68. That was based on the abilities in every aspect they are the step of movement with the percentage is 66% it was enough, the aspect of movement technique with the percentage is 66 % it was enough, the aspect of movements correctness with the music with the score percentage is 72% it was enough, and the aspect of expression when they danced with the score percentage is 67% and it was enough.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 17 Dec 2014 02:20 |
Terakhir diubah: | 17 Dec 2014 02:20 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5793 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |