DESKRIPSI DISPOSISI BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SOCRATES SAINTIFIK (Penelitian Kualitatif pada Siswa Kelas VII-2 Semester Genap Sekolah Global Madani Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019)

WANDA RESTIA ROSA, 1513021079 (2019) DESKRIPSI DISPOSISI BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SOCRATES SAINTIFIK (Penelitian Kualitatif pada Siswa Kelas VII-2 Semester Genap Sekolah Global Madani Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019). FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (841Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (842Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan disposisi berpikir kritis matematis siswa dalam pembelajaran Socrates saintifik. Subjek penelitian ini adalah 9 siswa kelas VII-2 SMP Global Madani Bandar Lampung tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian terdiri dari tiga kelompok siswa berkemampuan matematis tinggi, sedang, dan rendah. Data penelitian ini adalah data kualitatif mengenai disposisi berpikir kritis matematis siswa yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya, dilakukan analisis data melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data, diperoleh bahwa kelompok siswa yang memiliki kemampuan matematis tinggi dan sedang lebih banyak memunculkan disposisi berpikir kritis dalam pembelajaran matematika menggunakan metode Socrates Saintifik pada materi perbandingan. Dengan demikian, dapat disimpulkan (1) Indikator disposisi berpikir kritis matematis siswa yang terjadi dalam pembelajaran Socrates saintifik lebih dominan muncul yaitu berpikiran terbuka, analitis, kepercayaan diri dan rasa ingin tahu, (2) Disposisi berpikir kritis Wanda Restia Rosa matematis siswa lebih sering muncul saat guru mengajukan pertanyaan Socrates tipe klarifikasi dan alasan-alasan dan bukti penyelidikan, (3) Disposisi berpikir kritis matematis siswa lebih dominan muncul saat siswa melakukan tahapan saintifik yaitu menalar dan mengomunikasikan. Kata kunci: metode Socrates, pendekatan saintifik, disposisi berpikir kritis matematis

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 11 Apr 2022 04:01
Terakhir diubah: 11 Apr 2022 04:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57938

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir