EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ALQURUN DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019)

Eki Anisa Putri, 1513021069 (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ALQURUN DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019). FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1.ABSTRAK.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3036Kb)
[img]
Preview
File PDF
3.SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3037Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran ALQURUN ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Bandarlampung tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 349 siswa yang terdistribusi dalam 11 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB dan VIIIC yang terpilih berdasarkan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan komunikasi matematis dengan instrumen berbentuk uraian. Analisis data menggunakan uji proporsi dan uji perbedaan dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil uji proporsi, diperoleh bahwa persentase siswa dengan model pembelajaran ALQURUN yang mencapai nilai 70 tidak lebih dari 60% dan uji perbedaan diperoleh bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran ALQURUN lebih dari siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ALQURUN tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa, namun dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: ALQURUN, efektivitas, kemampuan komunikasi matematis.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 11 Apr 2022 04:53
Terakhir diubah: 11 Apr 2022 04:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57948

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir