PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 1 JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN

YESI SUSANTI, 1513024022 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 1 JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2042Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1663Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model pembelajaran guided inquiry dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif peserta didik. Metode penelitian quasi experiment dengan rancangan pretest postest non equivalent control group design. Sampel penelitian kelas X MIA 1 dan X MIA 3 SMA Negeri 1 Jati Agung Lampung Selatan. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling. Data keterampilan proses sains diperoleh dari nilai tes serta lembar observasi dan data hasil belajar kognitif diperoleh dari nilai tes yang kemudian dianalisis secara statistik menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model guided inquiry dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik dengan rata-rata N-gain kelompok eksperimen lebih tinggi (0,62) dibanding kelompok kontrol (0,47) dengan hasil observasi keterampilan proses sains kelompok eksperimen tergolong sangat baik (96,64) dan kelompok kontrol tergolong baik (83,89). Selain itu, iii pengunaan model guided inquiry juga dapat meningkatkan hasil belajar kognitif secara signifikan dengan rata-rata N-gain kelompok eksperimen lebih tinggi (0,65) dibanding kelompok kontrol (0,40) dengan keterlaksanaan kegiatan pembelajaran kelompok eksperimen sangat baik (97,22%). Kata kunci: keterampilan proses sains, hasil belajar kognitif, guided Inquiry

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 06 Apr 2022 07:16
Terakhir diubah: 06 Apr 2022 07:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57963

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir