HUBUNGAN PELAKSANAAN PRAKTIKUM DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMAN 9 BANDAR LAMPUNG PADA MATERI ANIMALIA FILUM CHORDATA

Ranthy Ajeng Damarwulan, 1513024021 (2019) HUBUNGAN PELAKSANAAN PRAKTIKUM DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMAN 9 BANDAR LAMPUNG PADA MATERI ANIMALIA FILUM CHORDATA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (156Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1932Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1934Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi hubungan antara pelaksanaan praktikum terhadap hasil belajar peserta didik, keterampilan generik sains terhadap hasil belajar peserta didik, serta pelaksanaan praktikum dan keterampilan generik sains terhadap hasil belajar peserta didik kelas X di SMA Negeri 9 Bandar Lampung pada materi animalia filum Chordata tahun ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 5 yang berjumlah 35 peserta didik. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive sampling dan desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain deskriptif korelasional. Data penelitian yaitu data kuantitatif yang berupa hasil belajar kognitif peserta didik terhadap pelaksanaan praktikum pada materi animalia filum Chordata sehingga diperoleh skor hasil belajar peserta didik dan data kualitatif yang berupa deskripsi dari hubungan pelaksanaan praktikum dan keterampilan generik sains terhadap hasil belajar peserta didik berdasarkan angket tanggapan peserta didik, wawancara kepada peserta didik, dan lembar observasi pelaksanaan praktikum dan keterampilan generik sains. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan signifikan antara pelaksanaan praktikum terhadap hasil belajar peserta didik dengan (r = 0,648; p 0,000 < 0,05). Terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan generik sains terhadap hasil belajar peserta didik dengan (r = 0,806; p 0,000 < 0,05) dan terdapat hubungan pelaksanaan praktikum dan keterampilan generik sains terhadap hasil belajar peserta didik dengan (sig 0,000 < 0,05). Kata kunci: Chordata, Hasil Belajar Peserta Didik, Keterampilan Generik Sains, Pelaksanaan Praktikum.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 06 Apr 2022 07:16
Terakhir diubah: 06 Apr 2022 07:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57964

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir