EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 31 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2018/2019)

AMELIA KESUMAWATI, 1513021030 (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 31 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2018/2019). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img] FIle PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (11Mb)
[img]
Preview
FIle PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (9Mb) | Preview

Abstrak

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 31 Bandarlampung tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam sembilan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII D dan VII E yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah posttest only control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes uraian pada materi garis dan sudut. Analisis data penelitian ini menggunakan uji t dan uji proporsi dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi dari kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, namun proporsi siswa yang memiliki kemampuan representasi matematis terkategori baik pada kelas yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing tidak lebih dari 60% dari jumlah siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing tidak efektif ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Kata kunci: efektivitas, inkuiri terbimbing, representasi matematis

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 340 Ilmu hukum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 06 Apr 2022 07:17
Terakhir diubah: 06 Apr 2022 07:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57965

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir