RANCANG BANGUN SISTEM KEAMANAN GANDA MEMBUKA KUNCI KOPER MENGGUNAKAN SIDIK JARI DAN MELACAK LOKASI KOPER MENGGUNAKAN GPS (GLOBAL POSITIONING SYSTEM)

MUHAMMAD ABDUL HAFIZH, 1615031078 (2022) RANCANG BANGUN SISTEM KEAMANAN GANDA MEMBUKA KUNCI KOPER MENGGUNAKAN SIDIK JARI DAN MELACAK LOKASI KOPER MENGGUNAKAN GPS (GLOBAL POSITIONING SYSTEM). FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (68Kb) | Preview
[img] FIle PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3424Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
3. SKRIPIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1589Kb) | Preview

Abstrak

Pada umumnya orang melakukan perjalanan biasanya selalu menggunakan koper sebagai media penyimpanan. Kebanyakan koper masih menggunakan sistem keamanan standar dan tidak menutup kemungkinan koper dibawa pergi oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2019 tercatat 90.757 kejadian kejahatan terhadap hak milik/barang berupa pencurian, pengrusakan, dan penadahan. Untuk itu dibutuhkan sebuah sistem keamanan tambahan pada koper agar meningkatkan keamanan dan melindungi isi didalam koper. Berdasarkan hal tersebut, maka dibuatlah sebuah sistem keamanan ganda pada koper dengan menggunakan sidik jari untuk membuka kunci koper dan GPS (Global Positioning System) agar koper dapat dilacak lokasi keberadaannya. Pola sidik jari digunakan karena merupakan identitas unik yang dimiliki oleh setiap orang dan mudah untuk diaplikasikan langsung ke sensor fingerprint. Sistem pengunci bekerja dengan memanfaatkan sebuah solenoid doorlock yang dihubungkan langsung ke relay untuk membuka/mengunci pintu koper. Lokasi koper dapat dilacak dengan memanfaatkan GPS Ublox NEO 6M untuk mengetahui koordinat menggunakan aplikasi Google Map pada smartphone yang dikirim melalui SMS (Short Message Service) menggunakan SIM800L. Berdasarkan hasil pengujian membuka kunci koper yang dilakukan sebanyak 40 kali didapatkan tingkat keberhasilan sebesar 90% dan pengujian melacak lokasi koper didapatkan hasil sebesar 100% dengan akurasi error sekitar 3,23 – 7,67 meter yang dapat disebabkan oleh kondisi lingkungan dan sinyal GPS.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 005 Pemrograman komputer, program dan data
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Elektro
Pengguna Deposit: 2203889690 . Digilib
Date Deposited: 05 Apr 2022 04:09
Terakhir diubah: 05 Apr 2022 04:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57973

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir