DETEKSI SEROLOGIS TOXOPLASMOSIS PADA SAPI DI KABUPATEN PRINGSEWU MENGGUNAKAN METODE TO-MAT (Toxoplasma Modified Agglutination Test)

GALANG BAGASKORO, 1517021047 (2019) DETEKSI SEROLOGIS TOXOPLASMOSIS PADA SAPI DI KABUPATEN PRINGSEWU MENGGUNAKAN METODE TO-MAT (Toxoplasma Modified Agglutination Test). Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2937Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2785Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Toxoplasmosis merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh protozoa parasit yaitu Toxoplasma gondii. Penyakit ini memiliki penyebaran yang luas. Hampir seluruh hewan berdarah panas dapat terinfeksi, termasuk manusia. Kasus yang paling membahayakan yaitu apabila penyakit ini menginfeksi hewan ternak yang bunting dan juga ibu hamil. Penularan toxoplasmosis sering terjadi melalui infeksi dapatan (akuisita), yaitu ketika manusia memakan daging dari hewan yang terinfeksi dan dimakan dalam keadaan setengah matang. Data terbaru di kota Bandar Lampung dilaporkan bahwa angka prevalensi toxoplasmosis pada sapi potong yang beredar di masyarakat mencapai angka 92.65%. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat infeksi dan prevalensi toxoplasmosis pada ternak sapi di Kabupaten Pringsewu. Penelitian ini dilakukan pada bulan November hingga Desember 2019 di Rumah Potong Hewan (RPH) Kabupaten Pringsewu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode potong lintang (cross sectional) dan menggunakan metode pemeriksaan To-MAT (Toxoplasma ii Modified Agglutination Test). Hasil penelitian didapatkan 95.8% (23/24) sapi terinfeksi tingkat kronis. Tingkat akut didapatkan 33.3% (8/24) sapi terinfeksi. Prevalensi toxoplasmosis sebesar 95.8%. Tingginya angka prevalensi toxoplasmosis di Kabupaten Pringsewu, khususnya tingkat kronis menandakan bahwa infeksi T. gondii telah berlangsung sejak lama. Infeksi akut menandakan bahwa infeksi T. gondii masih terus berlangsung. Kata kunci: toxoplasmosis, sapi, metode To-MAT (Toxoplasma Modified Agglutination Test), infeksi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 11 Apr 2022 04:35
Terakhir diubah: 11 Apr 2022 04:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57977

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir