PERANAN GURU DALAM PELAKSANAAN PROGRAM GERAKAN LITERASI SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN CIVIC KNOWLEDGE DI SMP NEGERI 2 METRO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

NURLAILA HAFIZD HAKIKI, 1513032043 (2019) PERANAN GURU DALAM PELAKSANAAN PROGRAM GERAKAN LITERASI SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN CIVIC KNOWLEDGE DI SMP NEGERI 2 METRO TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2038Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peranan guru dalam pelaksanaan program gerakan literasi sebagai upaya pembentukan civic knowledge di SMP Negeri 2 Metro Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi sebanyak 737 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 10% dengan demikian jumlah keseluruhan 74 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisi data menggunakan rumus persentase dan Chi kuadrat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan guru dalam pelaksanaan program gerakan literasi sebagai upaya pembentukan civic knowledge di SMP Negeri 2 Metro Tahun Pelajaran 2018/2019 masuk dalam kategori baik, guru telah menjalankan peranannya dalam pelaksanaan literasi di sekolah sehingga melalui literasi civic knowledge peserta didik dapat terbentuk dengan baik. Artinya peran guru dalam pelaksanaan program gerakan literasi di SMP Negeri 2 Metro dapat dikatakan berperan dengan baik. Kata Kunci: Peran guru, literasi, civic knowledge

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 11 Apr 2022 04:34
Terakhir diubah: 11 Apr 2022 04:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57978

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir