RESPON PERTUMBUHAN PLANLET ANGGREK Dendrobium sp. Sw. KULTIVAR ‘Zahra 27’ TERHADAP PEMBERIAN EKSTRAK PISANG (Musa paradisiaca L.) PADA MEDIUM VACIN DAN WENT SECARA IN VITRO

ENDANG MIRANTI, 1517021040 (2019) RESPON PERTUMBUHAN PLANLET ANGGREK Dendrobium sp. Sw. KULTIVAR ‘Zahra 27’ TERHADAP PEMBERIAN EKSTRAK PISANG (Musa paradisiaca L.) PADA MEDIUM VACIN DAN WENT SECARA IN VITRO. FAKULTAS MIPA, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (730Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (731Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Anggrek Dendrobium kultivar Zahra 27 merupakan salah satu anggrek hibrida hasil persilangan antara Dendrobium (Kiyosi Izumi x Royal Color) kemudian hasil persilangan tersebut disilangkan kembali dengan Dendrobium Burana Gold Splash. Anggrek hibrida biasanya lebih banyak diminati oleh masyarakat dibandingkan anggrek spesies karena memiliki warna, bentuk serta aroma yang khas dan ukuran bunga yang lebih beragam dan bervariasi. Upaya dalam memproduksi tanaman anggrek Dendrobium dalam jumlah banyak dan seragam dapat dilakukan melalui teknik kultur jaringan dengan penambahan zat pengatur tumbuh (ZPT) alami yaitu ekstrak pisang (Musa paradisiaca L.). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kisaran konsentrasi ekstrak pisang yang efektif terhadap pertumbuhan dan kandungan klorofil planlet anggrek secara in vitro. Rancangan percobaan penelitian ini menggunakan iii Rancangan Acak Lengkap (RAL) satu faktorial yaitu ekstrak pisang dengan 5 taraf konsentrasi yaitu 0% (kontrol), 5% , 10% , 15% dan 20% pada medium Vacin dan Went (VW). Homogenitas ragam diuji menggunakan uji Levene kemudian dianalisis dengan menggunakan metode Analisis Ragam taraf nyata 5%. Jika data menunjukkan berbeda nyata maka dilanjutkan dengan uji BNJ pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak pisang (Musa paradisiaca L.) dengan berbagai konsentrasi secara statistik belum memberikan pengaruh terhadap tinggi planlet, jumlah daun, dan kandungan klorofil a, b, serta total, namun pemberian ekstrak pisang pada medium konsentrasi 15% mampu memberikan pengaruh yang efektif terhadap pertambahan jumlah tunas dan akar pada planlet anggrek Dendrobium kultivar Zahra 27. Kata Kunci : Dendrobium kultivar Zahra 27, Ekstrak pisang, In vitro, Pertumbuhan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 11 Apr 2022 09:36
Terakhir diubah: 11 Apr 2022 09:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57994

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir