PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN MEDIA LINGKUNGAN SEKITAR TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATERI EKOSISTEM SISWA SMP NEGERI 1 SUKOHARJO

Mukti Rohmah, 1513024047 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN MEDIA LINGKUNGAN SEKITAR TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATERI EKOSISTEM SISWA SMP NEGERI 1 SUKOHARJO. FKIP , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3536Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (3538Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Inkuiri terbimbing dengan media lingkungan sekitar terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis yang menggunakan model inkuiri terbimbing dengan media lingkungan sekitar dengan model inkuiri terbimbing. Model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan media lingkungan sekitar sekolah diyakini tepat untuk digunakan karena materi ekosistem merupakan materi yang objeknya nyata dan dapat dilihat langsung oleh siswa sehingga siswa dapat mengobservasi fenomena yang berkaitan dengan ekosistem, sehingga siswa tidak kesulitan saat proses pembelajaran. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan desain Pretest Postest Non Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 sukoharjo yang berjumlah 279 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII A dan VII B yang dipilih dari populasi dengan teknik cluster random iii sampling sejumlah 62 siswa. Data pada penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa data keterampilan berpikir kritis siswa yang diperoleh dari nilai pretes dan postes. Sementara itu, data kualitatif berupa hasil observasi keterlaksanaan sintaks pembelajaran dan hasil analisis angket tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran. Data kuantitatif dianalisis secara statistik dengan uji Ankova pada taraf nyata 5%. Uji lanjut dilakukan terhadap nilai pretes dan postes, yaitu dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT). Data keterlaksanaan sintaks pembelajaran serta data tanggapan siswa dianalisis secara deskriptif dalam bentuk presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model Inkuiri terbimbing dengan media lingkungan sekitar terhadap keterampilan berpikir kririts siswa dengan angka signifikansi 0,000. Hasil penelitian menunjukkan siswa yang belajar dengan menggunakan model Inkuiri terbimbing dengan media lingkungan sekitar memiliki nilai rerata keterampilan berpikir krtitis 76 yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan model inkuiri terbimbing 65. Hasil analisis keterlaksanaan sintaks model pembelajaran pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa hampir seluruh kegiatan terlaksana. Hasil analisis tanggapan siswa terhadap pembelajaran pada kelas eksperimen memiliki peresentase tanggapan positif lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Kata Kunci:Model Pembelajaran Inkuiri terbimbing dengan Media Lingkungan Sekitar, Keterampilan Berpikir Kritis

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 11 Apr 2022 09:35
Terakhir diubah: 11 Apr 2022 09:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58004

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir