PENGARUH PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP DISIPLIN DALAM MELAKSANAKAN TATA TERTIB SEKOLAH DI MTs DARUL A’MAL KECAMATAN METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Noordiana Sari, 1513032029 (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP DISIPLIN DALAM MELAKSANAKAN TATA TERTIB SEKOLAH DI MTs DARUL A’MAL KECAMATAN METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (358Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3226Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran aqidah akhlak terhadap disiplin dalam melaksanakan tata tertib sekolah di MTs Darul A’mal Kecamatan Metro Barat tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian peserta didik kelas VII yang berjumlah 47 orang responden. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket dan tehnik penunjang adalah dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa, pada variabel pembelajaran aqidah akhlak berdasarkan hasil persentase tertinggi yaitu 51% dalam kategori cukup artinya, peserta didik sudah cukup memiliki akhlak yang baik dalam bertingkah laku baik di lingkungan masyarakat maupun di lingkungan sekolah dan pada veriabel disiplin menunjukkan hasil persentase tertinggi 68 % dalam kategori baik artinya, variabel disiplin sudah dilaksanakan secara baik oleh peserta didik dalam mentaati peraturan tata tertib sekolah dan tingkat pelanggaran yang dilakukan oleh peserta didik berdasarkan hasil persentase sudah dapat dikatakan berkurang. Tata tertib sekolah adalah ketentuan-ketentuan yang mengatur kehidupan sekolah sehari-hari dan mengandung sanksi bagi pelanggarnya. Kata kunci : Aqidah Akhlak, Disiplin, Tata Tertib The purpose of this research is to know the influence of learning Aqidah chastity to the discipline in implementing the school order in MTs Darul a'mal West Metro District year 2018/2019. The research method used is a quantitative descriptive method with a study subject of class VII students numbering 47 respondents. The technique of collecting data using polls and supporting techniques is documentation. Based on the results of the research can be noted that, in the learning variables of sexual aqidah based on the results of the highest percentage of 51% in the category is enough, students have enough to have good morality in acting well in Community environment as well as in the school environment and in a veriable discipline shows the highest percentage yield of 68% in good category meaning, the discipline variables have been well implemented by the learners in obeying the rules of conduct School and the level of violations committed by learners based on percentage results can be said to be reduced. School order is the provisions that govern the daily school life and contain sanctions for its customers. Key words: Aqidah Akhlak, discipline, code of conduct

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 11 Apr 2022 09:35
Terakhir diubah: 11 Apr 2022 09:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58007

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir