EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENUMBUHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG

KHOIRIYA ULFA, 1513024024 (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENUMBUHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG. FKIP , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (99Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam meningkatkan keterampilan komunikasi lisan dan komunikasi tertulis serta meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung pada materi pokok ekosistem. Sampel penelitian ini yaitu peserta didik kelas X Mia 1 di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung yang berjumlah 35 orang yang melakukan kelas eksperimen materi ekosistem. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Desain penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Desain. Data diperoleh dari angket self assessment, angket peer assessment dan lembar observasi keterampilan komunikasi sedangkan data hasil belajar kognitif peserta didik diperoleh dari 20 soal pilihan jamak. Data tersebut dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw efektif dalam menumbuhkan keterampilan iii komunikasi lisan dan komunikasi tertulis diperoleh kategori cukup dengan presentase lebih dari 75% serta hasil belajar kognitif diperoleh kategori sedang dengan nilai N-gain 0,56. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat menumbuhkan keterampilan komunikasi lisan dan komunikasi tertulis serta hasil belajar kognitif peserta didik. Kata kunci: pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, keterampilan komunikasi, hasil belajar kognitif, ekosistem.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 11 Apr 2022 09:35
Terakhir diubah: 11 Apr 2022 09:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58044

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir