PENGARUH PENERAPAN BLENDED LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY PADA MATERI LISTRIK DINAMIS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

WIWIK SUCI AMBAR NINGSIH, 1513022041 (2019) PENGARUH PENERAPAN BLENDED LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY PADA MATERI LISTRIK DINAMIS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (4Mb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan blended learning berbasis schoology pada materi listrik dinamis terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas XII IPA 1 dan XII IPA 2 SMA N 5 Metro. Desain penelitian yang digunakan adalah Non-Equivalent Control Group. Pada kelas eksperimen dilakukan pembelajaran blended learning berbasis schoology dengan model inkuiri tarbimbing sedangkan pada kelas kontrol digunakan pembelajaran konvensional. Pada kelas eksperimen rata-rata nilai pretes dan posttest sebesar 33,28 dan 62,34 sedangkan pada kelas kontrol rata-rata pretes dan posttest sebesar 35,91 dan 44,09. Nilai rata-rata N-gain kemampuan berpikir kritis pada kelas ekperimen sebesar 0,43 dengan kategori sedang, sedangkan kelas kontrol dengan kategori rendah sebesar 0,10. Berdasarkan hasil dari uji Independent Sample T-test, nilai thitung> ttabel (7,266 > 0,2027) nilai Asymp. Sig. (2-Tailed) kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,000, maka Ho ditolak sehingga dapat dinyatakan terdapat pengaruh yang siginifikan pembelajaran blended learning berbasis schoology terhadap kemampuan berpikir kritis. Pada pelaksanaan pembelajaran banyak melakukan diskusi dan eksperimen sehingga meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Pelaksanaan pembelajaran kelas eksperimen 8 kali online learning dan 4 kali tatap muka sedangkan kelas kontrol hanya 4 kali pertemuan tatap muka. Hasil angket siswa didapatkan setelah pembelajaran blended learning banyak siswa yang tertarik dan menambah kemampuan berpikir kritis siswa pada saat pembelajaran melakukan blended learning. Kata kunci: blended learning, schoology , dan kemampuan berpikir kritis.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 11 Apr 2022 09:40
Terakhir diubah: 11 Apr 2022 09:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58088

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir