PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA

ICHA SILVIANA DEVI, 1513022019 (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (478Kb) | Preview
[img] FIle PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (802Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (797Kb) | Preview

Abstrak

Abad 21 menuntut berbagai keterampilan, salah satunya yaitu keterampilan yang berakar dalam hal penyelidikan, maka pembelajaran saat ini harus dapat mengimplementasikan pembelajaran berbasis inquiry sehingga siswa dapat menemukan suatu konsep atau teori yang dapat menerangkan suatu fenomena melalui penyelidikan. Berdasarkan proses penyelidikan, siswa dapat melatihkan keterampilan proses sainsnya sebagai transfer konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan proses sains siswa SMA dan mengetahui keterampilan proses sains siswa pada kelas yang menerapkan model pembelajaran inquiry training. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 4 SMA Negeri 2 Gadingrejo, dengan desain penelitian Pretest Posttest Control Group with non-equivalent. Data dianalisis dengan uji N-gain, uji normalitas, uji homogenitas dan independent sample T-test. Hasil uji N-gain keterampilan proses sains pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata N-gain 0,66 dengan kategori sedang dan pada kelas kontrol 0,16 dengan kategori rendah. Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan proses Icha Silviana Devi iii sains siswa yang ditunjukkan oleh hasil uji independent sample T-test nilai Sig. (2- Tailed) kurang dari 0,05. Berdasarkan hasil observasi, keterampilan proses sains siswa pada kelas yang menerapkan model pembelajaran inquiry training memiliki rata-rata klasifikasi sangat baik sebanyak 23 siswa dan klasifikasi baik sebanyak 6 siswa. Kata kunci: Pengaruh Model Pembelajaran, Inquiry Training dan Keterampilan Proses Sains.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 12 Apr 2022 07:48
Terakhir diubah: 12 Apr 2022 07:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58091

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir