ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI BANDAR LAMPUNG PADA MATERI KELISTRIKAN

Dini Anggreini, 1513022009 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI BANDAR LAMPUNG PADA MATERI KELISTRIKAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img] FIle PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2237Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2284Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa SMA/MA pada materi kelistrikan. Subjek dari penelitian indikator berpikir kritis ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA SMA/MA di Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung yang berjumlah 391 siswa. Instrumen yang digunakan adalah soal tes pilihan jamak dengan jumlah 33 butir soal. Berdasarkan penelitian hasil yang dilakukan, didapatkan rata-rata tingkat kemampuan berpikir kritis siswa mencapai 73% dengan kategori baik. Apabila dirinci, kemampuan berpikir kritis siswa dengan kategori sangat baik, baik, cukup, dan kurang, secara berturut-turut adalah 27%, 32%, 29%, dan 12%, dan apabila dirinci berdasarkan lima indikator kemampuan berpikir kritis menurut Ennis secara berturut-turut 37%, 46%, 50%, 80% dan 63%. Hasil ini dapat menjadi indikasi bahwa siswa SMA/MA di Bandar Lampung memiliki kemampuan berpikir kritis yang baik pada pelajaran fisika materi kelistrikan. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir kritis, Kelistrikan, Instrumen tes

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 12 Apr 2022 07:49
Terakhir diubah: 12 Apr 2022 07:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58095

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir