PENGEMBANGAN LKPD MATERI ELASTISITAS BAHAN DAN HUKUM HOOKE DENGAN SCIENTIFIC APPROACH BERKARAKTER KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Tri Lestari, 1113022063 (2019) PENGEMBANGAN LKPD MATERI ELASTISITAS BAHAN DAN HUKUM HOOKE DENGAN SCIENTIFIC APPROACH BERKARAKTER KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (559Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (560Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pada umumnya, LKPD yang digunakan di sekolah masih menekankan pada aspek penguasaan konsep materi saja, sedangkan aspek keterampilan belum sepenuhnya dikembangkan. Berdasarkan hasil angket analisis kebutuhan guru dan siswa di SMK Negeri 1 Terusan Nunyai Lampung Tengah bahwa diperlukann suatu perangkat penunjang pembelajaran LKPD dengan scientific approach berkarakter keterampilan berpikir kreatif siswa ini bertujuan agar membantu siswa berpikir secara aktif dan kritis dan mampu memunculkan kreatifitas yang dimiliki siswa. Kondisi inilah yang melatarbelakangi untuk melakukan pengembangan LKPD dengan scientific approach berkarakter keterampilan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian pengembangan LKPD ini menggunakan Research and Development. Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan produk LKPD; (2) mengetahui kevalidan LKPD, serta (3) mengetahui kemenarikan dan kemudahan LKPD. Tri Lestari Tahap pengembangannya adalah: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi produk, dan (6) uji coba produk. Tahap validasi produk diberikan kepada 3 validator diperoleh bahwa produk telah valid dan dapat digunakan. Sedangkan untuk tahap uji coba produk dilakukan di SMK Negeri 1 Terusan Nunyai Lampung Tengah melalui tahap uji satu lawan satu dengan jumlah 3 siswa. Produk LKPD diuji kevalidan dilakukan melalui uji validitas/ahli desain dan materi. Hasil uji validasi desain didapatkan skor penilaian 3,38 dengan pernyataan kualitatif sangat baik, dan hasil uji validasi materi didapatkan skor penilaian 3,08 dengan pernyataan kualitatif baik. Kemudian LKPD yang dikembangkan diujicobakan kepada 3 siswa untuk mengetahui kemenarikan dan kemudahan LKPD. Hasilnya didapatkan bahwa kemenarikan produk LKPD memperoleh nilai 3,33 dengan kategori sangat menarik dan kemudahan produk LKPD memperoleh nilai 3,38 dengan kategori sangat mudah. Kata kunci: LKPD, scientific approach dan keterampilan berpikir kreatif.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 11 Apr 2022 09:40
Terakhir diubah: 11 Apr 2022 09:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58096

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir