EFEK PEMBERIAN EKSTRAK KECAMBAH KACANG HIJAU (Vigna radiata L.) PADA MEDIUM VACIN DAN WENT TERHADAP PERTUMBUHAN PLANLET ANGGREK Dendrobium sp. Sw. KULTIVAR ZAHRA 27 SECARA IN VITRO

Dwi Hastuti, 1517021052 (2019) EFEK PEMBERIAN EKSTRAK KECAMBAH KACANG HIJAU (Vigna radiata L.) PADA MEDIUM VACIN DAN WENT TERHADAP PERTUMBUHAN PLANLET ANGGREK Dendrobium sp. Sw. KULTIVAR ZAHRA 27 SECARA IN VITRO. FAKULTAS MIPA, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1319Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1319Kb) | Preview

Abstrak

Anggrek Dendrobium sp. kultivar Zahra 27 merupakan salah satu jenis anggrek yang banyak digemari di Indonesia. Anggrek Dendrobium sp. kultivar Zahra 27 diketahui memiliki bentuk dan warna bunga yang indah, selain itu memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Melihat besarnya minat masyarakat terhadap jenis anggrek ini, menyebabkan tanaman ini semakin banyak dikembangkan dan dibudidayakan. Upaya budidaya dapat dilakukan dengan teknik kultur jaringan dengan berbagai perlakuan, seperti penambahan estrak kecambah kacang hijau (Vigna radiata L.) dengan beberapa konsentrasi ke dalam medium Vacin dan Went. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui efek konsentrasi ekstrak kecambah kacang hijau (Vigna radiata L.) bagi pertumbuhan planlet anggrek Dendrobium sp. kultivar Zahra 27. Penelitian akan dilaksanakan menggunakan faktor tunggal dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 taraf iii konsentrasi estrak kecambah kacang hijau yaitu 0%, 5%, 10%, 15%, dan 20%. Homogenitas ragam diuji dengan uji Levene kemudian dianalisis menggunakan analisis ragam pada taraf nyata 5% dan diuji lanjut Beda Nyata Jujur (BNJ) pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan ekstrak kecambah kacang hijau (Vigna radiata) pada medium Vacin dan Went (VW) dengan berbagai konsentrasi belum memberi pengaruh nyata terhadap persentase planlet hidup, pertumbuhan tinggi planlet, jumlah daun, dan pada kandungan klorofil, a, b, dan total. Kata kunci : Dendrobium sp., ekstrak kecambah kacang hijau, in vitro, pertumbuhan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: Fakultas MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 11 Apr 2022 09:37
Terakhir diubah: 11 Apr 2022 09:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58104

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir