PERBEDAAN RESPON PADI GOGO (Oryza sativa L.) VARIETAS SITU BAGENDIT DAN PADI GOGO (Oryza sativa L.) VARIETAS INPAGO 12 TERHADAP ALELOPATI DARI EKSTRAK DAUN JARAK PAGAR (Jatropa curcas L.) PADA FASE AWAL PERTUMBUHAN

Dona Steven Kitmay, 1517021033 (2019) PERBEDAAN RESPON PADI GOGO (Oryza sativa L.) VARIETAS SITU BAGENDIT DAN PADI GOGO (Oryza sativa L.) VARIETAS INPAGO 12 TERHADAP ALELOPATI DARI EKSTRAK DAUN JARAK PAGAR (Jatropa curcas L.) PADA FASE AWAL PERTUMBUHAN. FAKULTAS MIPA, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1797Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1798Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Jarak pagar merupakan tanaman dari genus Jatropha yang daun nya menghasilkan mengandung senyawa kimia seperti terpenoid, alkaloid, saponin, tannin, flavonoid, stereoid, glikosida, dan senyawa fenol. Senyawa ini diduga bersifat alelopati terhadap tanaman disekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan respon padi gogo varietas Situ Bagendit dan padi gogo varietas Inpago 12 terhadap alelopati dari ekstrak daun jarak pagar pada fase awal pertumbuhan. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Botani, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini dilaksanakan dalam Rancangan Faktorial. Faktor A adalah padi gogo dengan 2 varietas yaitu varietas Situ Bagendit dan varietas Inpago 12, faktor B adalah ekstrak daun jarak pagar dengan 3 taraf konsentrasi yaitu 0% b/v (kontrol), 10% b/v, dan 20% b/v. Variabel dalam penelitian ini adalah pertumbuhan kecambah yang meliputi panjang tunas, berat segar, rasio tunas akar, berat kering total, kandungan air ii relatif, serta kandungan klorofil a, b, dan total kecambah. Data hasil penelitian ini dianalisis ragam dan di uji BNT pada taraf nyata 5 %. Hasil penelitian menunjukkan ekstrak daun jarak pagar dengan menurunkan panjang tunas, berat segar tunas, berat segar total, klorofil a, klorofil b, dan klorofil total kecambah padi gogo varietas Situ Bagendit dan Inpago 12. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak daun jarak pagar dengan konsentrasi 20% menurunkan kandungan klorofil total secara signifikan pada kecambah padi gogo varietas Inpago 12. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa varietas Inpago 12 lebih sensitif terhadap alelopati dari ekstrak daun jarak pagar dibandingkan varietas Situ Bagendit pada variabel klorofil total. Kata kunci : Alelopati, Jarak Pagar, Klorofil, Padi Gogo, Pertumbuhan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 11 Apr 2022 09:37
Terakhir diubah: 11 Apr 2022 09:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58119

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir