Karakteristik Alelopati Ekstrak Air Daun Jarak Pagar (Jatropha curcas L.) Terhadap Perkecambahan dan Pertumbuhan Kecambah Sawi Pakcoy (Brassica rapa L.)

DIAN PUTRI SANI, 1517021123 (2019) Karakteristik Alelopati Ekstrak Air Daun Jarak Pagar (Jatropha curcas L.) Terhadap Perkecambahan dan Pertumbuhan Kecambah Sawi Pakcoy (Brassica rapa L.). FAKULTAS MIPA, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (9Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (7Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan kosentrasi berapa ekstrak air daun jarak pagar (Jatropha curcas L.) yang bersifat stimulant atau inhibitor terhadap perkecambahan dan pertumbuhan kecambah sawi pakcoy (Brassica rapa L.). Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2019 di Laboratorium Botani 1 Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung. Penelitian ini menggunakan metode RAL (Rancangan Acak Lengkap) dengan faktor utamanya adalah ekstrak air daun jarak pagar (Jatropha curcas L.) dengan 5 taraf konsentrasi yaitu 0% v/v, 5% v/v, 10% v/v, 15% v/v, dan 20% v/v sebagai perlakuan dan setiap perlakuan diulang sebanyak 5x. Variabel yang diukur dalam penelitian ini adalah panjang akar, berat segar dan berat kering ( aerial part dan akar), panjang aerial part, kadar air relative dan kandungan klorofil a, b serta total kecambah. Data yang diperoleh di homogenitaskan dengan uji Levene. Setelah homogen di Analisis ragam pada taraf nyata 5%. Jika ada perbedaan antar perlakuan, maka dilakukan uji lanjut dengan Uji BNJ (Beda Nyata Jujur). Hasil penelitian menunjukkan bahwa alelopati dari jarak pagar menyebabkan efek stimulasi terhadap berat segar kecambah dan berat keringkecambah dengan konsentrasi maksimum 10% v/v. Berat segar mengalami peningkatan dari 38,22 menjadi 49,16 atau sebesar 22,25% sedangkan berat kering mengalami peningkatan dari 3,40 menjadi 4,42 atau sebesar 23,07% Kata kunci: Alelopati, Brasicca rapa L., Jatropha curcas L.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 11 Apr 2022 09:37
Terakhir diubah: 11 Apr 2022 09:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58121

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir