PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR ECENG GONDOK (Eichornia crassipes(Mart.)Solms.) TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.)

Dhanisa Fitri Monanda, 1517021084 (2019) PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR ECENG GONDOK (Eichornia crassipes(Mart.)Solms.) TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.). FAKULTAS MIPA, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1134Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1135Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Eceng gondok (Eichornia crassipes(Mart.)Solms.) merupakan jenis tanaman air yang mampu beradaptasi sehingga cepat berkembang biak pada lingkungan baru. Hal ini lah yang membuat eceng gondok menjadi gulma doiminan di wilayah perairan yang tumbuh terapung yang dapat mengganggu jalannya transportasi perairan. Pemanfaatan eceng gondok salah satunya ialah sebagai pupuk cair yang berguna terhadap kebutuhan unsur tanaman. Pupuk cair eceng gondok mengandung zat-zat organik serta unsur-unsur yang dibutuhkan oleh tanaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk cair eceng gondok terhadap ii pertumbuhan tanaman selada (Lactuca sativa L.) . Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Botani Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dari bulan Oktober sampai Desember 2018. Penelitian ini menggunkan Rancangan Acak Lengkap dengan faktor tunggal. Faktor yang digunakan adalah pupuk organik cair eceng gondok (Eichornia crassipes(Mart.)Solms.)dengan 5 taraf konsentrasi : 0% (Kontrol) , 15%, 30%, 45%, dan 60%. Setiap perlakuan diulang sebanyak 5 kali. Sehingga jumlah satuan percobaan adalah 25. Variabel dalam penelitian ini adalah jumlah daun, luas daun, berat kering, dan klorofil a,b, dan total. Data yang diperoleh di homogen kandengan uji Levene lalu dilakukan analisis ragam pada taraf nyata 5% dan jika berpengaruh nyata dilakukan dengan uji lanjut BNT pada taraf nyata 5%. Setelah itu dilakukan uji persamaan garis regresi untuk melihat berapa besar pengaruh pemberian perlakuan terhadap pertumbuhan selada (Lactuca sativa L.). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian pupuk organik cair eceng gondok (Eichornia crassipes(Mart.)Solms.) konsentrasi 60% memberikan pengaruh yang baik terhadap pertumbuhan tanaman selada (berat kering daun, luas daun, dan jumlah daun). Sedangkan, pemberian pupuk cair eceng gondok tidak berpengaruh nyata terhadap klorofil a, b dan total. Kata Kunci : Pupuk organik cair eceng gondok, Selada.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 11 Apr 2022 09:37
Terakhir diubah: 11 Apr 2022 09:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58123

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir