NURMA APRIYANA, 1513022030 (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA POKOK BAHASAN GETARAN BERBASIS INKUIRI TERMBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRISPI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2928Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2929Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi getaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D). Model pengembangan yang digunakan pada pengembangan ini mengacu pada Lee & Owens (2004, p. 4).yaitu model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa pedoman wawancara, angket uji validitas, dan angket uji keterbacaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan memiliki validitas sangat baik. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan rata-rata skor pada uji ahli materi sebesar 90,55% dengan kualitas sangat baik dan uji ahli media diperoleh rata-rata skor sebesar 87,58% dengan kualitas sangat baik. Berdasarkan uji keterbacaan diperoleh rata-rata skor pada kelas A sebesar 82,27% dan kelas B sebesar 80,64% dengan kualitas sangat baik. Hasil penelitian juga Nurma Apriyana iii menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan sudah mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji n-gain pada kelas A sebesar 0,74 dan kelas B sebesar 0,78 dengan kategori sedang, dan nilai sig. pada uji paired sample t sebesar 0,00 pada kelas A dan B. Berdasarkan hasil wawancara kepada guru dan siswa diperoleh respon yang baik terhadap LKS yang dikembangkan. Simpulan dari penelitian ini adalah dihasilkan LKS berbasis inkuiri terbimbing yang layak dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata kunci: LKS, Inkuiri Terbimbing, Berpikir Kritis
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 11 Apr 2022 09:41 |
Terakhir diubah: | 11 Apr 2022 09:41 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58124 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |