PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA POKOK BAHASAN GETARAN BERBASIS INKUIRI TERMBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

NURMA APRIYANA, 1513022030 (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA POKOK BAHASAN GETARAN BERBASIS INKUIRI TERMBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRISPI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2928Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2929Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi getaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D). Model pengembangan yang digunakan pada pengembangan ini mengacu pada Lee & Owens (2004, p. 4).yaitu model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa pedoman wawancara, angket uji validitas, dan angket uji keterbacaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan memiliki validitas sangat baik. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan rata-rata skor pada uji ahli materi sebesar 90,55% dengan kualitas sangat baik dan uji ahli media diperoleh rata-rata skor sebesar 87,58% dengan kualitas sangat baik. Berdasarkan uji keterbacaan diperoleh rata-rata skor pada kelas A sebesar 82,27% dan kelas B sebesar 80,64% dengan kualitas sangat baik. Hasil penelitian juga Nurma Apriyana iii menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan sudah mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji n-gain pada kelas A sebesar 0,74 dan kelas B sebesar 0,78 dengan kategori sedang, dan nilai sig. pada uji paired sample t sebesar 0,00 pada kelas A dan B. Berdasarkan hasil wawancara kepada guru dan siswa diperoleh respon yang baik terhadap LKS yang dikembangkan. Simpulan dari penelitian ini adalah dihasilkan LKS berbasis inkuiri terbimbing yang layak dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata kunci: LKS, Inkuiri Terbimbing, Berpikir Kritis

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 11 Apr 2022 09:41
Terakhir diubah: 11 Apr 2022 09:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58124

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir