PENGEMBANGAN LKS MATERI KALOR DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA

LUSIANA SHINTA DEWI, 121322034 (2019) PENGEMBANGAN LKS MATERI KALOR DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (70Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1114Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1115Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa LKS berbasis inkuiri terbimbing pada materi kalor, mendeskripsikan kemenarikan, kemudahan dan kemanfaatan produk yang dikembangkan, serta mendeskripsikan keefektifan produk yang dikembangkan dalam pembelajaran. Penelitian ini berpedoman pada desain penelitian pengembangan yang dimulai dengan menganalisis potensi dan masalah sekaligus mengumpulkan data. Selanjutnya mendesain produk sehingga dihasilkan produk prototipe I. Setelah itu, dilakukan uji validasi ahli terhadap produk prototipe I sampai dengan diperoleh produk yang sudah tervalidasi (produk prototipe II). Tahap selanjutnya uji coba produk melalui uji satu lawan satu. Hasil uji satu lawan satu ini menyatakan bahwa LKS yang dikembangkan memperoleh skor kemenarikan 3,38 dengan kategori sangat baik, skor kemudahan 3,39 dengan kategori sangat baik, dan skor kemanfaatan 3,61 dengan kategori sangat baik. Tahapan selanjutnya revisi produk, setelah direvisi maka dilakukan uji coba pemakaian melalui uji lapangan. Berdasarkan hasil uji lapangan, LKS yang dikembangkan memperoleh skor kemenarikan 3,19 dengan kategori baik, Lusiana Shinta Dewi skor kemudahan 3,20 dengan kategori baik, dan skor kemanfaatan 3,38 dengan kategori sangat baik. Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa 79,41% siswa tuntas KKM, sehingga produk dinyatakan efektif dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Tahapan selanjutnya revisi produk, hasil revisi disebut dengan produk prototipe III yang merupakan produk akhir dalam penelitian pengembangan ini. Kata kunci: Pengembangan LKS, LKS Inkuiri Terbimbing, Berpikir Kreatif Siswa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 12 Apr 2022 07:55
Terakhir diubah: 12 Apr 2022 07:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58144

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir