IDENTIFIKASI MORFOLOGI DAN BEBERAPA SIFAT KIMIA TANAH PADA LAHAN PERTANAMAN UBI KAYU (Manihot esculenta Crantz) DAN KARET (Hevea brasiliensis) DI DESA GEDONG WANI, KECAMATAN JATI AGUNG, LAMPUNG SELATAN

EKO PENTARA PRATAMA , 12141211070 (2019) IDENTIFIKASI MORFOLOGI DAN BEBERAPA SIFAT KIMIA TANAH PADA LAHAN PERTANAMAN UBI KAYU (Manihot esculenta Crantz) DAN KARET (Hevea brasiliensis) DI DESA GEDONG WANI, KECAMATAN JATI AGUNG, LAMPUNG SELATAN. FAKULTAS PERTANIAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2478Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1772Kb) | Preview

Abstrak

Ubi kayu merupakan salah satu bahan pangan pengganti beras yang cukup penting peranannya dalam menopang ketahanan pangan suatu wilayah di Indonesia. Penanaman ubi kayu yang dilakukan petani umumnya adalah secara monokultur dan terus menerus dengan pengolahan tanah yang intensif, berbeda dengan lahan pertanaman karet hanya dilakukan pada saat penanaman awal saja. Perbedaan cara pengolahan tanah dan pola tanam dapat menciptakan suatu karakteristik tanah yang sangat berpengaruh terhadap ciri morfologi dan sifat kimia tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari morfologi dan sifat kimia tanah pada lahan pertanaman ubi kayu dan karet di Desa Gedong Wani, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini dilaksanakan pada lahan pertanaman ubi kayu dan karet milik masyarakat di Desa Gedong Wani, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan pada bulan Februari 2018. Data diperoleh dari pengamatan profil tanah di lapangan dan analisis di laboratorium Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Lampung. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa lapisan pertama profil tanah lahan karet memiliki warna yang lebih gelap dan struktur lebih baik dibandingkan dengan lapisan pertama lahan kebun ubi kayu, namun secara umum lahan ubi kayu dan kebun karet alam memiliki tekstur tanah yang sama yaitu lempung liat berpasir. Konsistensi dan perakaran pada lahan karet alam lebih baik dibandingkan dengan lahan ubi kayu. Selanjutnya, lapisan pertama profil tanah pada lahan karet memiliki kandungan C-organik, KTK, Alumunium dapat ditukar, dan Nitrogen total yang lebih tinggi dibandingkan lahan ubi kayu. Sedangkan pH tanah, Kejenuhan Basa, rasio C/N dan P-tersedia pada lapisan pertama profil tanah pada lahan ubi kayu lebih tinggi dibandingkan pada lahan karet. Kata kunci: Morfologi tanah, pertanaman karet, sifat kimia tanah, ubi kayu.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi
600 Teknologi > 630 Pertanian
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi Agroteknologi
Depositing User: 188217754 . Digilib
Date Deposited: 03 Aug 2019 06:04
Last Modified: 03 Aug 2019 06:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58151

Actions (login required)

View Item View Item