PENGARUH PENGGUNAAN LKPD BERBASIS COLLABORATIVE TEAMWORK LEARNING PADA MATERI FLUIDA DINAMIS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

DWI SITI SHOLEHA, 1513022001 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN LKPD BERBASIS COLLABORATIVE TEAMWORK LEARNING PADA MATERI FLUIDA DINAMIS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1200Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1121Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKPD berbasis collaborative teamwork learning pada materi fluida dinamis terhadap hasil belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Bandarlampung, dengan sampel kelas XI IPA sebagai kelas eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah One Shot Case Study dan One Group Pretest Posttest Design. Data penelitian diambil dari nilai tes awal dan akhir yang hasilnya diuji menggunakan One Sample T-Test dan Paired Sample T- Test. Hasil uji one sample t-test yang diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada taraf kepercayaan 95% penggunaan LKPD berbasis collaborative teamwork learning terhadap keterampilan kolaborasi dan keterampilan proses sains yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata keterampilan kolaborasi untuk ketiga kegiatan > 72, dan dilihat dari hasil n-gain yang diperoleh rata-rata n-gain nilai pretest dan posttest kemampuan kognitif untuk ketiga kegiatan sebesar 0,58 Dwi Siti Sholeha iii dengan kriteria sedang, sehingga dapat dikatakan terdapat peningkatan kemampuan kognitif peserta didik setelah proses pembelajaran dengan menggunakan LKPD berbasis collaborative teamwork learning dan berdasarkan hasil uji paired sample t-test tedapat perbedaan yang signifikan pada taraf kepercayaan 95% antara rata-rata hasil pretest dengan posttest, yakni sebesar 27,55 pada hasil belajar kemampuan kognitif yang pembelajarannya menggunakan LKPD berbasis collaborative teamwork learning. Berdasarkan hasil penilaian guru rata-rata nilai keterampilan proses sains dan keterampilan kolaborasi untuk ketiga kegiatan dikategorikan baik karena persentase rata-rata nilai berada pada rentang 61%-80%. Kata kunci : Collaborative teamwork learning, lembar kerja peserta didik, hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 14 Apr 2022 02:46
Terakhir diubah: 14 Apr 2022 02:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58159

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir