TINJAUAN YURIDIS PERJANJIAN KERJASAMA PEMASANGAN REKLAME ANTARA PT TIGA MEDIA CIPTA INDONESIA DAN PT TOKOPEDIA KOTA BANDUNG

MARAYA HARTANTI, 1542011122 (2019) TINJAUAN YURIDIS PERJANJIAN KERJASAMA PEMASANGAN REKLAME ANTARA PT TIGA MEDIA CIPTA INDONESIA DAN PT TOKOPEDIA KOTA BANDUNG. FAKULTAS HUKUM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (672Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (679Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

One of the benefits of billboard installation for the community is to persuade or encourage prospective customers to become interested in using the product or service offered, which is in the form of interesting messages about a product or service aimed at the public. The billboard installation agreement made by the owner and lessee of PT Tiga Media Cipta Indonesia and PT Tokopedia based on the existing agreement letter is a step taken to carry out a series of business transaction activities in the form of a billboard installation cooperation agreement. terms and procedures for installing billboards? How is the legal relationship and responsibility between the parties in implementing an advertising cooperation agreement? and how is the legal settlement if one party defaults on the cooperation in the installation of billboards? The type of research used is normative law with descriptive research type. The approach to the problem used is normative law. The data used are secondary data obtained from primary and secondary legal materials. Data collection is done through library studies, document studies and interviews as supporting data. Data processing is done by stages of data selection, data classification and data compilation which are then analyzed qualitatively. Results of research and discussion: The main requirement in the installation of billboards, namely PT Tiga Media Cipta, must have sufficient experience with all of its competence to carry out installation work and be willing to work on and install billboards from technology company products, including PT Tokopedia. The procedure for billboard installation is through the bidding, negotiation, and approval stages for collaborating on billboards. The legal relationship and responsibility of the parties can give rise to rights and obligations for the first and second parties, in the installation of this billboard the first party hands over responsibility for all risks to the second party. If there is a violation that causes a default due to the agreement, it can be resolved by means of deliberation, but if this does not succeed, then it will then be resolved through the court. Keywords: Agreement, Collaboration, Advertisement Salah satu manfaat pemasangan reklame bagi masyarakat adalah untuk membujuk atau mendorong calon konsumen sehingga menjadi tertarik menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan, yang isinya berupa pesan menarik tentang sebuah produk atau jasa yang ditujukan kepada khalayak. Perjanjian pemasangan reklame yang dibuat oleh pihak pemilik dan penyewa PT Tiga Media Cipta Indonesia dan PT Tokopedia berdasarkan surat perjanjian yang ada merupakan langkah yang dilakukan untuk melaksanakan rangkaian kegiatan transaksi bisnis dalam bentuk perjanjian kerjasama pemasangan reklame.Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu: Bagaimanakah syarat dan prosedur pemasangan reklame? Bagaimanakan hubungan hukum dan tanggung jawab antara para pihak dalam pelaksanaan perjanjian kerjasama reklame? dan Bagaimankah penyelesaian hukum apabila salah satu pihak wanprestasi terhadap kerjasama pemasangan reklame? Jenis penelitian yang digunakan adalah hukum normatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pendekatan masalah yang digunakan adalah hukum normatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang didapat dari bahan hukum primer, dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan, studi dokumen dan wawancara sebagai data pendukung. Pengolahan data dilakukan dengan tahapan seleksi data, klasifikasi data dan penyusunan data yang selanjutnya dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian dan pembahasan: Syarat utama dalam pemasangan reklame yaitu PT Tiga Media Cipta harus memiliki pengalaman yang cukup dengan segala kompetensinya untuk melaksanakan pekerjaan pemasangan dan bersedia untuk mengerjakan dan memasang reklame dari produk perusahaan teknologi antara lain dengan PT Tokopedia. Prosedur dalam pemasangan reklame yaitu melalui tahap penawaran,negoisasi,dan persetujuan untuk melakukan kerjasama pemasangan reklame. Hubungan hukum dan tanggung jawab para pihak dapat menimbulkan hak dan kewajiban untuk pihak pertama dan kedua, dalam pemasangan reklame ini pihak pertama menyerahkan tanggung jawab atas segala resiko kepada pihak kedua. Jika terjadi pelanggaran yang menyebabkan wanprestasi akibat perjanjian tersebut maka dapat diselesaikan dengan cara musyawarah, namun jika hal tersebut tidak berhasil, maka selanjutnya akan diselesaikan melalui pengadilan. Kata kunci: Perjanjian, Kerjasama, Reklame

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 340 Ilmu hukum > 346 Hukum privat, hukum perdata
Program Studi: Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 14 Apr 2022 02:45
Terakhir diubah: 14 Apr 2022 02:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58162

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir