Devi Andriani, 1413022016 (2019) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN DISCOVERY BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SUMBER LISTRIK ARUS SEARAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1734Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1188Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pengayaan discovery berbasis kontekstual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sumber listrik arus searah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D). Model pengembangan yang digunakan pada pengembangan ini mengacu pada Lee & Owens (2004, p. 4) yaitu model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa pedoman wawancara, angket validasi, dan angket uji keterbacaan. Hasil penelitian ini pada tahap analyze belum adanya guru yang menggunakan buku pengayaan, sehingga proses pembelajaran hanya mengandalkan buku paket yang tersedia oleh sekolah dan jumlahnya terbatas.Tahap Development menunjukkan bahwa buku pengayaan yang dikembangkan memiliki validasi sangat tinggi. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan rata-rata skor pada uji ahli materi dan konstruksi sebesar 86,57% dengan kategori sangat tinggi dan uji ahli media dan desain diperoleh rata-rata skor sebesar 90,83% dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan uji keterbacaan diperoleh rata-rata skor pada kelas XII IPA 1 sebesar 81% dan kelas XII IPA 2 sebesar 81,3% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa buku pengayaan yang dikembangkan sudah mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji n-gain pada kelas XII IPA 1 sebesar 0,55 dan kelas XII IPA 2 sebesar 0,65 dengan kategori sedang dan signifikansi pada uji paired sample t sebesar 0,00 pada kelas XII IPA 1 dan XII IPA 2. Hasil wawancara guru menunjukkan bahwa buku pengayaan yang dikembangkan oleh peneliti yaitu memiliki sajian materi yang baik, menarik mudah dipahami materinya dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Sementara itu, Hasil wawancara siswa menunjukkan bahwa buku pengayaan yang dikembangkan oleh peneliti memperoleh hasil yaitu memiliki sajian materi yang baik, desain buku menarik, memudahkan siswa dalam memahami materi dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Simpulan dari penelitian ini dalah dihasilkan buku pengayaan discovery berbasis kontekstual yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata kunci: Buku Pengayaan, Discovery, Kontekstual, Berpikir Kritis
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 02:50 |
Terakhir diubah: | 14 Apr 2022 02:50 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58183 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |