IDENTIFIKASI LALAT DI LOKASI PENGGEMBALAAN KERBAU RAWA (Bubalus bubalis carabanesis) DI DESA BRAJA HARJOSARI, KECAMATAN BRAJA SELEBAH, LAMPUNG TIMUR

Fadhillah Khairani, 1517021053 (2019) IDENTIFIKASI LALAT DI LOKASI PENGGEMBALAAN KERBAU RAWA (Bubalus bubalis carabanesis) DI DESA BRAJA HARJOSARI, KECAMATAN BRAJA SELEBAH, LAMPUNG TIMUR. FAKULTAS MIPA, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (200Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2547Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2548Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Lalat dapat berperan sebagai vektor penyakit bagi hewan ternak salah satunya kerbau rawa. Lalat dapat mentransmisikan penyakit tersebut melalui probosis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahu jenis-jenis lalat yang terdapat di lokasi pengembalaan kerbau rawa, dan untuk mengetahui faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi aktivitas lalat tersebut. Penelitian ini dibawah program hibah TFCA Sumatera, Konsorsium Vesswic, dan FKH UGM, penelitian dilaksanakan bulan Desember 2018-Februari 2019 di Desa Braja Harjosari, Kecamatan Braja Selebah, Lampung Timur. Metode penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan pengambilan sampel lalat dilakukan di lokasi penggembalaan kerbau rawa yaitu di perkebunan kelapa sawit bapak Sajuri, dan padang rumput yang terletak di Dusun VIII, dusun ini berbatasan langsung dengan kawasan TNWK, dan banyak masyarakat yang memelihara kerbau rawa, kerbau yang digunakan berjumlah 6 ekor yang terdiri dari 3 betina dan 3 jantan dengan iii umur yang sama, pengambilan sampel lalat menggunakan perangkap NZ 1 fly, pengambilan sampel lalat dilakukan dalam interval waktu 2 jam, dimulai pukul 08.00-16.00 WIB. Identifikasi lalat dilakukan di Laboratorium Zoology, Jurusan Biologi FMIPA. Hasil penelitian didapatkan 7 jenis lalat yang terdiri Musca domestica, Stomoxys calsitrans, Tabanus tenens, Tabanus rubidus, Tabanus optatus, Neomyia sp., Neomyia lauta. Lalat lebih banyak terperangkap pada suhu rata-rata 28,00 o C, dengan kelembaban rata-rata 58,00% dan intensitas cahaya ratarata 1480,00 lx. Kata kunci: Braja Harjosari, kerbau rawa, lalat.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 18 Apr 2022 07:44
Terakhir diubah: 18 Apr 2022 07:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58206

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir