EFEKTIVITAS PENAMBAHAN AIR KELAPA (Cocos nucifera L.) PADA MEDIUM VACIN AND WENT TERHADAP PERTUMBUHAN PLANLET ANGGREK DENDROBIUM (Dendrobium sp. Sw.) KULTIVAR ZAHRA 27 SECARA IN VITRO

Harum Mutmainnah, 1517021059 (2019) EFEKTIVITAS PENAMBAHAN AIR KELAPA (Cocos nucifera L.) PADA MEDIUM VACIN AND WENT TERHADAP PERTUMBUHAN PLANLET ANGGREK DENDROBIUM (Dendrobium sp. Sw.) KULTIVAR ZAHRA 27 SECARA IN VITRO. FAKULTAS MIPA, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] FIle PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1408Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1499Kb) | Preview

Abstrak

Anggrek Dendrobium sp. merupakan tanaman hias yang banyak diminati oleh masyarakat luas. Dendrobium sp. kultivar Zahra 27 memiliki keunggulan yaitu tekstur helaian bunga tebal, jumlah kuntum bunga banyak dan tangkai bunga panjang serta kesegaran tahan lama. Banyaknya permintaan masyarakat untuk tanaman hias ini menyebabkan peningkatan dalam proses produksi. Upaya dalam memproduksi tanaman anggrek Dendrobium dalam jumlah banyak dan seragam dapat dilakukan melalui teknik kultur jaringan dengan Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) alami yaitu air kelapa (Cocos nucifera L.). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi air kelapa yang efektif untuk pertumbuhan dan kandungan klorofil planlet Dendrobium secara in vitro. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL). Penelitian ini menggunakan medium Vacin and Went (VW) dengan penambahan air kelapa (Cocos nucifera L.) pada 5 taraf konsentrasi, yaitu: 0 %, 8%, 16%, 24%, dan 32 % dengan 5 ulangan. Homogenitas ragam diuji dengan uji Levene kemudian dianalisis menggunakan analisis ragam pada taraf nyata 5% dan uji lanjut BNJ pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan air kelapa (Cocos nucifera L.) pada medium Vacin and Went dengan konsentrasi 8% efektif terhadap pertumbuhan tunas planlet Dendrobium sp. dan belum memberi pengaruh yang nyata pada kandungan klorofil planlet Dendrobium sp. Kata kunci : Air Kelapa, Dendrobium sp., In Vitro, Pertumbuhan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: Fakultas MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 18 Apr 2022 07:44
Terakhir diubah: 18 Apr 2022 07:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58215

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir