PENGARUH Bacillus thuringiensis israelensis SEBAGAI LARVASIDA VEKTOR DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) TERHADAP BENUR UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei)

Jeany Audina Suryaningkunti, 1517021064 (2019) PENGARUH Bacillus thuringiensis israelensis SEBAGAI LARVASIDA VEKTOR DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) TERHADAP BENUR UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei). FAKULTAS MIPA, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (151Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (787Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1020Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penyakit endemis yang menyebabkan angka kematian tertinggi hampir di seluruh provinsi di Indonesia adalah demam berdarah dengue (DBD). Vektor utama dalam penyebaran penyakit DBD adalah nyamuk Aedes aegypti. Usaha pembibitan udang banyak dikembangkan di Lampung namun usahanya tidak diikuti dengan penyelamatann lingkungan, sehingga muncul wabah DBD dari usaha pembibitan tersebut. Salah satu pengendalian vektor penyakit DBD dengan menggunakan larvasida Bti. Selain harus efektif membunuh larva nyamuk, Bti juga harus aman bagi organisme non target seperti udang vaname (Litopenaeus vannamei). Tujuan untuk mengetahui pengaruh Bti sebagai larvasida vektor DBD terhadap benur udang vaname (L. vannamei). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November sampai Desember 2018 di Laboratorium Zoologi II, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Lampung. Metode yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL). Perlakuan yang diberikan yaitu kontrol (tidak diberi Bti), dan penambahan Bti 20 ppm, 40 ppm, 60 ppm, 80 ppm, serta 100 ppm. Parameter yang diamati adalah mortalitas benur udang vaname (L. vannamei), pertumbuhan berupa berat dan panjang, kelulushidupan serta kualitas air selama pemeliharaan. Data pertumbuhan yang diperoleh dianalisis dengan ANOVA pada taraf α= 0,05, sedangkan data persentase mortalitas, kelulushidupan dan kualitas air yang diperoleh di analisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bti dengan berbagai konsentrasi tidak memberikan pengaruh secara nyata terhadap pertumbuhan (p>0,05), persentase mortalitas dan kelulushidupan benur udang vaname (L. vannamei) sehingga larvasida yang mengandung Bti (Bactivec) dapat digunakan untuk pemberantasan vektor DBD pada hatchery dan tambak udang vaname (L. vannamei). Kata kunci : Bacillus thuringiensis israelensis, benur udang vaname (L. vannamei), mortalitas, kelulushidupan, pertumbuhan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 18 Apr 2022 07:44
Terakhir diubah: 18 Apr 2022 07:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58218

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir