PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN SERVANT LEADERSHIP TERHADAP KINERJA PEGAWAI (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lampung Tengah)

DIAN RISMA PUTERI, 1816021013 (2022) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN SERVANT LEADERSHIP TERHADAP KINERJA PEGAWAI (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lampung Tengah). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (2951Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2949Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2951Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lampung Tengah dinilai masih buruk, baik itu dimulai dari fasilitas, kualitas ataupun kuantitas pegawainya. Permasalahan yang muncul diduga karena buruknya kinerja pegawai akibat dari lemahnya manajerial dan pengawasan yang dilakukan pemimpin instansi tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh gaya kepemimpinan servant leadership terhadap kinerja pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lampung tengah terhadap kinerja pegawainya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan jenis penelitian explanatory research yang kemudian didukung oleh data primer dan data sekunder. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai, yaitu 59 pegawai. Uji Hipotesis yang digunakan yaitu regresi linier sederhana, Uji t, dan Uji r2. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa gaya kepemimpinan servant leadership berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil koefisien r2 sebesar 0,439 atau 43,9%. Artinya servant leadership memberikan pengaruh nya sebesar 43,9% terhadap kinerja pegawai. Sedangkan 56,1% merupakan faktor yang mempengaruhi variabel Y dari faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Kata Kunci: Kepemimpinan, Servant Leadership, Kinerja Pegawai Services at the Department of Population and Civil Registration of Central Lampung Regency are still considered poor, starting from the facilities, quality or quantity of employees. The problems that arise are suspected to be due to poor employee performance as a result of weak managerial and supervision carried out by the leader of the agency. The purpose of this study is to determine how the influence of servant leadership on employee performance at the Service Population and Civil Registration of Central Lampung District. This study uses a quantitative approach with the type of explanatory research which is the supported by primary and secondary data. The sample in this study were all employees, namely 59 employee. The hypothesis test used is simple linear regression, t test, and coefficient of determination test (r2). The results of this study indicate that the servant leadership has a positive and significant effect on employee performance. This is shown from the value of the determinant coefficient is 0,439 or 43,9%. It means that servant leadership has an influence of 43.9% on employee performance. While 56.1% is a factor that affect the Y variable from other factors not examined by the researcher. Keywords: Leadership, Servant Leadership, Employee Performance

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan)
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Pemerintahan
Pengguna Deposit: 2203679576 . Digilib
Date Deposited: 05 Apr 2022 05:22
Terakhir diubah: 05 Apr 2022 05:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58229

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir