EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN POGIL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI GARAM MENGHIDROLISIS

Elis, 1513023037 (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN POGIL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI GARAM MENGHIDROLISIS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] Text
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5Mb)
[img]
Preview
Text
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3611Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran POGIL untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi garam menghidrolisis. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pretest-postest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Natar Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata yaitu uji t. Berdasarkan hasil uji perbedaan dua rata-rata diperoleh n-gain keterampilan ber-pikir tingkat tinggi siswa berkategori tinggi di kelas eksperimen dan berkategori sedang di kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa rata-rata n-gain keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa yang diterapkan model pembelajaran POGIL lebih tinggi dari pada rata-rata n-gain keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dengan model pembelajaran konvensional. Terdapat perbedaan n-gain keterampilan berpikir tingkat tinggi yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, disimpulkan bahwa model pembelajaran POGIL efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi garam menghidrolisis. Kata kunci : pembelajaran POGIL, keterampilan berpikir tingkat tinggi, garam menghidrolisis.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 2018082659 . Digilib
Date Deposited: 07 Aug 2019 04:24
Last Modified: 07 Aug 2019 04:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58229

Actions (login required)

View Item View Item