Dewi Oktaria, 0813024023 (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP OLEH SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. Abstrak ii,iii.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (104Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. Riwayat Hidup+FOTO vii.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. Persembahan viii.pdf Download (101Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. Motto ix.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. Sanwancana xi, xii.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. Daftar Isi xiii, xiv.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. Daftar Tabel xv, xvi.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. Daftar Gambar xvii.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (156Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (185Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (411Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (631Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran IPA yang mengajar di kelas VII SMP Tri Sukses Natar Kabupaten Lampung Selatan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Hal ini dikarenakan guru masih sering menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, akibatnya kurang merangsang aktivitas dan penguasaan konsep oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan penguasaan konsep oleh siswa melalui penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E (LC 5E). Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes-postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah kelas VIIB dan VIIC yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitiannya berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari penguasaan konsep oleh siswa yaitu rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji U. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa, dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran LC 5E yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen mengalami peningkatan. Pada aspek mengumpulkan data/informasi berkriteria tinggi (78%), mengungkapkan ide/pendapat berkriteria tinggi (84%), mempresentasikan hasil pengamatan/diskusi berkriteria sedang (66%), membuat kesimpulan berkriteria tinggi (77%). Penguasaan konsep oleh siswa juga mengalami peningkatan secara signifikan dengan rata-rata nilai pretes (20,5), nilai postes (70,8) dan N-gain (63,3). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model LC 5E. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model LC 5E berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan konsep oleh siswa secara signifikan pada materi Ekosistem. Kata kunci : aktivitas belajar, ekosistem, model pembelajaran LC 5E, penguasaan konsep
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 039362 . Digilib |
Date Deposited: | 17 Dec 2014 03:57 |
Terakhir diubah: | 17 Dec 2014 03:57 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5823 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |