UJI POTENSI BIOHERBISIDA EKSTRAK DAUN MAHONI (Swietenia mahagoni (L) Jacq) TERHADAP PERTUMBUHAN GULMA MAMAN UNGU (Cleome rutidosperma DC)

AGUNG KURNIAWAN, 1317021005 (2019) UJI POTENSI BIOHERBISIDA EKSTRAK DAUN MAHONI (Swietenia mahagoni (L) Jacq) TERHADAP PERTUMBUHAN GULMA MAMAN UNGU (Cleome rutidosperma DC). FAKULTAS MIPA, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1361Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1362Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Gulma merupakan tumbuhan yang dapat menurunkan produksi tanaman budidaya. Salah satu pengendalian gulma adalah dengan menggunakan herbisida. Terdapat dua macam herbisida, yaitu herbisida sintetik dan herbisida alami (bioherbisida). Penelitian ini bertujuan untuk menguji ekstrak daun mahoni (Swietenia mahagoni (L.) Jacq.) terhadap pertumbuhan gulma maman ungu (Cleome rutidosperma D.C.). Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Botani Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung dan Laboratorium Lapang Terpadu Fakultas Pertanian Universitas Lampung pada bulan Desember 2017 sampai bulan Februari 2018. Perlakuan disusun dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan konsentrasi 0%, 10%, 20%, 30%, 40%, 50%, dan 60% dengan ulangan sebanyak 4 kali. Variabel dalam penelitian ini adalah tinggi tanaman, berat basah, jumlah helai daun,kandungan klorofil a, kandungan klorofil b, dan kandungan klorofil total. Uji homogenitas dilakukan Agung Kurniawan menggunakan uji Bartlett, selanjutnya dianalisis menggunakan metode statistik ANOVA (Analysis of Variance) pada taraf nyata 5% (p<0,05) jika terdapat beda nyata dilanjutkan dengan uji BNT pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun mahoni dengan konsentrasi 10% efektif untuk menghambat pertumbuhan tinggi dan jumlah helai daun gulma maman ungu. Konsentrasi 20% efektif untuk menghambat berat basah gulma maman ungu. Ekstrak daun mahoni belum mempengaruhi kadar klorofil gulma maman ungu. Kata Kunci : Bioherbisida, Cleome rutidosperma D.C, Gulma, Swietenia mahagoni (L.) Jacq.,

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 18 Apr 2022 07:44
Terakhir diubah: 18 Apr 2022 07:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58254

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir