pertiwi primasari, 1013024053 (2014) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LINGKUNGAN. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (106Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (115Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (100Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (105Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (64Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (159Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (236Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (379Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (310Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (138Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model PBL dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampelnya adalah siswa kelas X3 dan X4 yang dipilih secara purposive sampling. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis secara statistik dengan uji t dan uji U. sedangkan data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa, angket tanggapan serta keterlibatan siswa terhadap penggunaan model PBL yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase peningkatan aktivitas siswa dalam semua aspek yang diamati berkriteria “baik” (77,39% ± 22,87). Dengan persentase pada aspek bekerja sama (92,39% ± 0,28) dan mempresentasikan hasil diskusi (88,04% ± 0,42) mempunyai kriteria “sangat baik”. Selanjutnya untuk aspek menuliskan rumusan masalah (86,96% ± 0,33) dan mengumpulkan informasi (82,61% ± 0,32) berkriteria “baik”. Namun, pada aspek mengajukan pertanyaan (36,96% ± 0,75) memiliki kriteria yang “kurang”. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat dengan N-gain dari pretes dan postes yang berkriteria “tinggi” (71,04%). Peningkatan hasil belajar terjadi pada semua indikator kognitif (C2 dan C4) dengan rata-rata N-gain berkriteria “tinggi” untuk indikator kognitif C2 (71,45%); dan C4 (70,62%). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif dan keterlibatannya dalam penggunaan model PBL. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model PBL berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci : Aktivitas belajar, hasil belajar, lingkungan, dan model PBL
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 416083 . Digilib |
Date Deposited: | 17 Dec 2014 03:46 |
Terakhir diubah: | 17 Dec 2014 03:46 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5828 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |