PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LINGKUNGAN

pertiwi primasari, 1013024053 (2014) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LINGKUNGAN. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
COVER LUAR.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (106Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (115Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (100Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (105Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (64Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (159Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (236Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (379Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (310Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model PBL dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampelnya adalah siswa kelas X3 dan X4 yang dipilih secara purposive sampling. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis secara statistik dengan uji t dan uji U. sedangkan data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa, angket tanggapan serta keterlibatan siswa terhadap penggunaan model PBL yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase peningkatan aktivitas siswa dalam semua aspek yang diamati berkriteria “baik” (77,39% ± 22,87). Dengan persentase pada aspek bekerja sama (92,39% ± 0,28) dan mempresentasikan hasil diskusi (88,04% ± 0,42) mempunyai kriteria “sangat baik”. Selanjutnya untuk aspek menuliskan rumusan masalah (86,96% ± 0,33) dan mengumpulkan informasi (82,61% ± 0,32) berkriteria “baik”. Namun, pada aspek mengajukan pertanyaan (36,96% ± 0,75) memiliki kriteria yang “kurang”. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat dengan N-gain dari pretes dan postes yang berkriteria “tinggi” (71,04%). Peningkatan hasil belajar terjadi pada semua indikator kognitif (C2 dan C4) dengan rata-rata N-gain berkriteria “tinggi” untuk indikator kognitif C2 (71,45%); dan C4 (70,62%). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif dan keterlibatannya dalam penggunaan model PBL. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model PBL berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci : Aktivitas belajar, hasil belajar, lingkungan, dan model PBL

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 416083 . Digilib
Date Deposited: 17 Dec 2014 03:46
Terakhir diubah: 17 Dec 2014 03:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5828

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir