Pramudia Prastika, 1013033051 (2014) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPA MA DARUL A’MAL METRO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (112Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (220Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (203Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (95Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (103Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (132Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (594Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (43Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Efektivitas penggunaan model pembelajaran berdampak pada aktivitas dan hasil belajar. Model pembelajaran dirancang agar dapat menumbuhkan aktivitas belajar dan hasil belajar yang optimal. Efektivitas tidak hanya dilihat dari hasil belajar namun juga bagaimana proses pembelajaran berlangsung. Dalam sebuah model pembelajaran tersusun atas komponen yang membentuk efektivitas model pembelajaran. Komponen yang membentuk efektivitas model pembelajaran terdiri dari fokus, sintaks, sistem sosial, dan sistem pendukung. Model pembelajaran cooperative group investigation (GI) merupakan salah satu model pembelajaran yang efektif digunakan dalam pembelajaran sejarah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sejauh mana efektivitas penggunaan model pembelajaran cooperative group investigation (GI) dalam pembelajaran sejarah siswa kelas XI IPA 2 ? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran cooperative group investigation (GI) dalam pembelajaran sejarah siswa kelas XI IPA 2 MA Darul A’mal Metro Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas penggunaan model pembelajaran cooperative group investigation (GI) dalam pembelajaran sejarah berdasarkan kuesioner mencapai persentase 78,8% yang diinterpretasikan masuk dalam kategori kuat, dan perolehan data lembar observasi mencapai persentase 77,8% yang diinterpretasikan masuk dalam kategori kuat. Makna efektivitas kuat dalam penelitian ini yakni model pembelajaran ini tepat digunakan dalam proses pembelajaran sejarah.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | 7094640 . Digilib |
Date Deposited: | 17 Dec 2014 03:18 |
Terakhir diubah: | 17 Dec 2014 03:18 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5832 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |