EFEKTIVITAS PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR YANG BERASAL DARI TIGA JENIS REBUNG BAMBU TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN TOMAT (Solanum lycopersicum Mill.)

Alfian Bagus Setiawan, 1317021007 (2019) EFEKTIVITAS PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR YANG BERASAL DARI TIGA JENIS REBUNG BAMBU TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN TOMAT (Solanum lycopersicum Mill.). FAKULTAS MIPA, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1003Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1003Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tomat merupakan salah satu sayuran penting sebagai bahan makanan di Indonesia. Produksi tomat di Indonesia meningkat setiap tahunnya, namun permasalahan yang masih menjadi kendala umumnya adalah pengolahan dan teknologi budidayanya. Pupuk organik cair (POC) adalah pupuk alami yang dibuat dari bagian tumbuhan itu sendiri termasuk rebung bambu. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Januari 2018 sampai bulan Februari 2018. Penelitian dilakukan di Laboratorium Lapang Terpadu, Fakultas Pertanian Universitas Lampung dan Laboratorium Botani, Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efek dari pemberian pupuk cair organik terhadap pertumbuhan tanaman tomat (Solanum lycopersicum Mill.) dan mengetahui konsentrasi yang terbaik untuk pertumbuhannya. ii Alfian Bagus Setiawan Metode penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 16 perlakuan. Rebung Bambu Betung (Dendrocalamus asper (Schult) Backer ex Heyne), rebung Bambu Tali (Gigantochloa apus (Schulft.f.) Kurz.), dan rebung Bambu Kuning (Bambusa vulgaris Schard. ex J.C. Wendl.), dengan konsentrasi pupuk organik cair masing-masing jenis bambu terdiri dari 6 konsentrasi yaitu : kontrol (0%), 5%, 10%, 15%, 20%, dan 25%, dilakukan ulangan sebanyak 2 kali. Pengamatan yang dilakukan adalah panjang akar, tinggi tanaman, berat kering, dan kandungan klorofilnya (klorofil a, klorofil b, dan klorofil total). Analisis data menggunakan uji homogenitas dengan uji levene dengan taraf 5%, setelah itu dilakukan Uji Ragam (ANOVA) dan apabila berbeda nyata akan dilakukan uji lanjut BNT dengan taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan perlakuan pupuk organik cair rebung bambu betung dengan konsentrasi 10% (A1B2) adalah perlakuan yang terbaik terhadap tinggi tanaman, panjang akar, berat kering, kandungan klorofil a dan kandungan klorofil b. Kata kunci : Pupuk organik cair, Rebung Bambu Tomat (Solanum lycopersicum Mill)

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 580 Tumbuh-tumbuhan, tanaman, botani, flora
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 18 Apr 2022 09:30
Terakhir diubah: 18 Apr 2022 09:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58349

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir