PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS EVERYDAY LIFE PHENOMENA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

Fina Septi Aristya, 161303039 (2022) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS EVERYDAY LIFE PHENOMENA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img] FIle PDF
1. ABSTRAK.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (122Kb)
[img] FIle PDF
2. SKRIPSI FULL .pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3102Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1893Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul larutan elektrolit dan non elektrolit. Modul larutan elektrolit dan non elektrolit yang dikembangkan berbeda dengan yang sebelumnya, karena modul yang dikembangkan berbasis everyday life phenomena. Pada modul ini, siswa dapat mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan fenomena kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan menurut Borg and Gall yang dilakukan sampai pada tahap kelima. Subjek penelitian pada tahap penelitian dan pengumpulan informasi melibatkan 3 guru kimia dan 33 siswa di tiga sekolah di Lampung. Kevalidan dan kelayakan pada tahap pengembangan modul, melibatkan validator dosen ahli di bidang pendidikan kimia. Berdasarkan hasil validasi ahli terhadap produk yang dikembangkan pada aspek kesesuaian isi, konstruksi, dan keterbacaan diperoleh persentase berturut-turut sebesar 100%; 98,98%; dan 92,42%, sehingga dinyatakan valid. Pada tahap uji coba terbatas melibatkan 3 guru dan 15 siswa kelas XI di SMA YP Unila Bandarlampung. Hasil uji coba modul menunjukkan persentase tanggapan guru pada aspek kesesuaian isi dan keterbacaan berturut-turut sebesar 100% dan 98,98%, dengan kriteria sangat tinggi. Persentase tanggapan siswa pada aspek keterbacaan sebesar 93,94% dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hasil tersebut maka modul ini layak digunakan menjadi salah satu sumber pembelajaran di sekolah khususnya pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. This research aims to develop electrolyte and non electrolyte module. Development of module is different from the previous one because this module is based on everyday life phenomena. In this module, students can relate the materials which have been learned to their everyday life phenomena. This research uses Borg and Gall research design which is done until the fifth step. The research subjects are tree teachers and thirty tree students from three different schools in Lampung. The validity and feasibility on this module development involve an expert lecturer in chemical education as a validator. Based on the expert’s validation toward the product developed in conformity content aspect, construction, and legibility, the percentage gained in rows is 100%; 98,98%; and 92,42%, thus, the module is valid. On limited trial step, I involve three teachers and fifteen 11th grade students from SMA YP Unila Bandar Lampung. The result shows that teacher’s responses percentage toward conformity content aspect and legibility in rows are 100% and 98,98%, with a very high criteria. Students’ responses percentage on legibility aspect is 93,94% also in high criteria. Based on those results, this module is appropriate to be used as one of study reference at school especially on electrolyte and nonelectrolyte solution material.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2203311563 . Digilib
Date Deposited: 06 Apr 2022 03:15
Terakhir diubah: 06 Apr 2022 03:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58357

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir