MENJAGA PULAU DARI SAMPAH (Studi Pengaruh Program Edukasi Organisasi Gajahlah Kebersihan dalam Mengelolah Sampah bagi Masyarakat Pulau Pasaran, Kota Karang, Teluk Betung Timur)

JESSICA VANELIA AMANDA, 1816011003 (2022) MENJAGA PULAU DARI SAMPAH (Studi Pengaruh Program Edukasi Organisasi Gajahlah Kebersihan dalam Mengelolah Sampah bagi Masyarakat Pulau Pasaran, Kota Karang, Teluk Betung Timur). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (3482Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3477Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3479Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini mengkaji usaha Menjaga Pulau dari Sampah (Pengaruh Program Edukasi Organisasi Gajahlah Kebersihan dalam Mengelolah Sampah bagi Masyarakat Pulau Pasaran, Kota Karang, Teluk Betung Timur). Metode penelitian yang digunakan adalah mix method, kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Data kualitatif dikumpulkan menggunakan observasi dan wawancara. Data kuantitatif diperoleh dari pretest dan posttest, selanjutnya diolah menggunakan SPSS versi 23.0. Fokus penelitian kualitatif meliputi edukasi, sosialisasi dan perubahan perilaku. Hasil penelitian ini menunjukkan, secara kualitatif terdapat usaha menjaga pulau dari sampah yang dilakukan oleh organisasi pemuda terdiri dari mahasiswa berbagai jurusan dan universitas di Lampung dalam memilah, mendaur ulang dan memanfaatkan sampah. Diawali kegiatan edukasi door to door pada 150 keluarga, dengan sosialisasi jenis sampah, upaya pengurangan sampah, dan cara mengelola sampah dari rumah. Kedua, edukasi sekolah melalui dongeng boneka tangan dengan target selanjutnya anak-anak, agar sejak dini mereka peduli terhadap lingkungan sekitar dan tidak membuang sampah sembarangan. Ketiga, edukasi workshop mengedukasi masyarakat dengan FGD (Forum Grup Discussion) bersama dengan masyarakat dan praktik membuat eco enzyme. Kemudian hasil secara kuantitatif, dari responden yang diamati mengalami perubahan yang positif meskipun tidak signifikan. Rekomendasi pada penelitian ini, untuk menguatkan signifikansi diperlukan dukungan sosialisasi yang lebih intens dan bersinergi dengan berbagai pihak. Kata Kunci: Gajahlah Kebersihan, Pemuda, Pengelolaan sampah, Edukasi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 301 Sosiologi dan antropologi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: 2203839330 . Digilib
Date Deposited: 07 Apr 2022 01:16
Terakhir diubah: 07 Apr 2022 01:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58391

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir