PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK TUMBUHAN SURUHAN (Peperomia pellucida [L]kunth) TERHADAP LIBIDO MENCIT JANTAN (Mus musculus L.) YANG DIINDUKSI ALOKSAN

CAHYANI INTAN KESUMA, 1517021070 (2019) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK TUMBUHAN SURUHAN (Peperomia pellucida [L]kunth) TERHADAP LIBIDO MENCIT JANTAN (Mus musculus L.) YANG DIINDUKSI ALOKSAN. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (667Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (667Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Diabetes adalah penyakit yang mematikan, karna disebabkan sekresi insulin yang tidak baik. Salah satunya penderita diabetes akan mengalami respon stress oksidatif dan terjadi komplikasi organ di dalam tubuh, termasuk organ reproduksi yang bisa mempengaruhi kesuburan dengan menghambat jalur spermatogenesis dan gangguan ejakulasi. Tanaman suruhan (Peperomia pellucida [L]kunth) memiliki senyawa kimia seperti alkaloid, flavonoid, saponin, tanin dan minyak atsiri yang disinyalir dapat meningkatkan gairah seksual dan meningkatan libido. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efek pemberian ekstrak tanaman suruhan terhadap libido mencit jantan yang diinduksi aloksan. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari lima kelompok perlakuan dengan masing- masing lima ulangan menggunakan mencit jantan. Kelompok K- (diberi aloksan 150 mg/kgBB), kelompok K+ (diberi iii aloksan dosis 150mg/kgBB+glibenklamid 0,65mg/kgBB), kelompok P1, P2,dan P3 (diberi aloksan dengan dosis 150 mg/kgBB dan ekstrak tanaman suruhan dengan dosis berturut-turut 56 mg/kgBB, 112 mg/kgBB, dan 168 mg/kgBB). Aloksan diberi sebanyak 3 kali dalam 6 hari dan ekstrak tanaman suruhan diberikan setiap hari selama 35 hari. Data yang diperoleh akan diuji menggunakan One Way ANOVA dan dilanjutkan dengan BNT pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian ektrak tumbuhan suruhan berpengaruh dalam penurunan kadar glukosa darah dengan ditandai adanya penurunan kadar glukosa darah secara signifikan oleh ekstrak suruhan. Ekstrak tumbuhan suruhan juga berpengaruh terhadap libido ditandai dengan mempertahankan latensi cumbu, latensi penunggangan, dan frekuensi penunggangan mencit jantan yang telah diberi aloksan. Dapat disimpulkan dari penelitian ini bahwa ekstrak tumbuhan suruhan berkhasiat dapat menurunan kadar glukosa darah dan juga dapat meningkatkan libido. Kata kunci : diabetes, tanaman suruhan (Peperomia pellucida [L.]kunth), libido, mencit (Mus musculus L.)

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 590 Ilmu hewan (zoologi)
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 06 Apr 2022 03:30
Terakhir diubah: 06 Apr 2022 03:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58408

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir