ANALISIS FAKTOR YANG MENENTUKAN KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) PADA LEMBAGA KEUANGAN MIKRO PEER TO PEER LENDING

DESTY ZULIA PUTRI, 1511011034 (2019) ANALISIS FAKTOR YANG MENENTUKAN KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) PADA LEMBAGA KEUANGAN MIKRO PEER TO PEER LENDING. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2694Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2489Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh dari lembaga keuangan mikro Peer to Peer Lending (P2P) terhadap pendanaan UMKM. Studi ini dilakukan dengan menggunakan pembiayaan UMKM yang diajukan melalui website Peer to Peer Lending. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui website Koinworks.com, sebagai salah satu perusahaan penyedia layanan Peer to Peer Lending yang dominan di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 169 UMKM. Penelitian ini menggunakan regresi linier berganda untuk menganalisa faktor penentu pemberian kredit. Hasil dari penelitian ini menggunakan 4 variabel yaitu credit rating, income range, loan term dan request amount menjelaskan bahwa variabel loan term dan request amount berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pemberian kredit pada alpha 5%. Pada variabel credit rating berpengaruh negatif dan income range tidak terbukti mempengaruhi keputusan pemberian kredit, hal ini disebabkan karena kurang dominannya variabel tersebut sebagai penyeimbang keputusan pendanaan. Kata kunci : Financial Technology, Peer to Peer Lending, UMKM, dan Multivariate Regression The purpose of this research is to eximine empirically the impact of commercial Peer to Peer (P2P) lending on the finance of small business ventures. This study was conducted using small business financing submitted through peer to peer lending website. The data in this study were obtained through koinworks.com website, as one of the dominant Peer to Peer (P2P) lending service providers in Indonesia. Using the purposive sampling method, the number of sample obtained 169 small businesses. This research using Multivariate Regression to analyze the factors that driving small business loan approval in P2P lending. The results of this study use 4 variables, namely credit rating, income range, loan term, and request to explain that the loan term and request amount variables have a significant positive effect on credit decisionsat alpha 5%, on credit rating and income range variables not proven to effect credit decisions, this is due to the lack of dominance of these variables as a balance of credit decisions. Keywords : Financial Technology, Peer to Peer Lending, small business, and Multivariate Regression

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi S1-Manajemen
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 18 Apr 2022 07:49
Terakhir diubah: 18 Apr 2022 07:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58433

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir