PERSEPSI PELAKU UMKM KOPI BUBUK TERHADAP SERTIFIKASI PRODUK DI KABUPATEN LAMPUNG BARAT

Shanti Novia, 1816051002 (2022) PERSEPSI PELAKU UMKM KOPI BUBUK TERHADAP SERTIFIKASI PRODUK DI KABUPATEN LAMPUNG BARAT. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Sertifikasi produk merupakan jaminan kualitas dari suatu produk. Sehingga keberadaan sertifikasi produk sangat penting dalam membangun kepercayaan konsumen. Namun sertifikasi produk tidak hanya memberikan keuntungan bagi konsumen saja, melainkan juga memberikan keuntungan bagi para pelaku UMKM selaku produsen. Sehingga pelaku UMKM dituntut untuk mampu memenuhi kebutuhan konsumen dan dapat bersaing di era pasar bebas. Dengan begitu timbul persepsi dari pelaku UMKM terkait dengan sertifikasi produk. Dimana persepsi tersebut bisa berupa kecakapan dalam melihat serta memahami kebutuhan konsumen, yang akan berakhir pada minat pelaku UMKM dalam sertifikasi produk. Namun pada kenyataannya, dari sekian banyaknya UMKM kopi bubuk yang ada di Kabupaten Lampung Barat, hanya ada dua UMKM yang tercatat di Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung tahun 2019 yang telah memiliki sertifikasi produknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi dan minat para pelaku UMKM kopi bubuk terhadap sertifikasi produk di Kabupaten Lampung Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan metode campuran. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif kemudian ditunjang dengan data penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif deskriptif dan diikuti dengan analisis kualitatif deskriptif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Persepsi pelaku UMKM kopi bubuk sangat positif terhadap sertifikasi produk, dimana para pelaku UMKM kopi bubuk menganggap bahwa sertifikasi produk itu sangatlah penting baik sebagai bentuk izin usaha maupun menjadi jaminan keberlangsungan usaha dimasa yang akan datang. Disisi lain, pelaku UMKM kopi bubuk di Kabupaten Lampung Barat juga memiliki memiliki minat yang tinggi dalam mensertifikasi produk mereka. Hal tersebut dikarenakan sertifikasi produk memberikan dampak yang positif bagi keberlangsungan usaha. Kata Kunci : persepsi, pelaku UMKM, sertifikasi produk Product certification is a guarantee of the quality of a product. So the existence of product certification is very important in building consumer confidence. However, product certification does not only provide benefits for consumers, but also provides benefits for UMKM actors as producers. So that UMKM actors are required to be able to meet consumer needs and be able to compete in the free market era. Thus, the perception of UMKM actors is related to product certification. Where this perception can be in the form of skills in seeing and understanding consumer needs, which will end in the interest of UMKM actors in product certification. But in reality, of the many UMKM of ground coffee in West Lampung Regency, there are only two UMKM recorded at the Lampung Province Cooperatives and UMKM Office in 2019 that already have product certifications. The purpose of this study was to determine the perceptions and interests of the perpetrators of ground coffee UMKM towards product certification in West Lampung Regency. This type of research is descriptive research with a mixed methods approach. The research uses a quantitative approach and is then supported by qualitative research data. Data were collected through questionnaires and interviews. Data analysis was carried out by descriptive quantitative analysis and followed by descriptive qualitative analysis which included data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions or verification. The perception of ground coffee UMKM actors is very positive towards product certification, where ground coffee UMKM actors consider that product certification is very important both as a form of business license and as a guarantee of business continuity in the future. On the other hand, the UMKM of ground coffee in West Lampung Regency also have a high interest in certifying their products. This is because product certification has a positive impact on business continuity. Keywords: perception, UMKM actors, product certification

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan)
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Bisnis
Pengguna Deposit: 2203808528 . Digilib
Date Deposited: 07 Apr 2022 07:09
Terakhir diubah: 07 Apr 2022 07:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58646

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir