HUBUNGAN KREATIVITAS BERPIKIR DENGAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 SUKOHARJO KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN AJARAN 2018/2019

ZAHRA QURROTU’AINI, 1513033056 (2019) HUBUNGAN KREATIVITAS BERPIKIR DENGAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 SUKOHARJO KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN AJARAN 2018/2019. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pendidikan mempunyai peranan yang sangat menentukan bagi perkembangan dan perwujudan diri individu, terutama bagi pembangunan bangsa dan negara. Setiap orang mempunyai bakat dan kemampuan yang berbeda-beda. Oleh karena itu pendidikan bertanggungjawab untuk memandu yaitu mengidentifikasi dan membina serta memupuk bakat tersebut. Bakat berhubungan dengan kreativitas. Bakat menunjuk pada kemampuan berpikir kreatif. Kreativitas atau berpikir kreatif berpikir juga dapat menentukan peserta didik itu memiliki prestasi belajar yang tinggi atau tidak. Semakin tinggi kreativitas berpikir yang dimiliki oleh peserta didik, semakin tinggi prestasi belajar yang dimiliki oleh peserta didik tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas berpikir dengan prestasi belajar sejarah kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sukoharjo Kabupaten Pringsewu Tahun ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan metode penenlitian survey. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuisioner, dan dokumentasi serta kepustakaan. Teknik analisis data adalah teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan Pearson Product Moment. Berdasarkan hasil uji analisis data dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment diperoleh hasil rhitung = 0,810 yang mana lebih dari rtabel = 0,268 (0,810 > 0,268). Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara Kreativitas Berpikir dengan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS di SMAN 1 Sukoharjo Kabupaten Pringsewu Tahun Ajaran 2018/2019. Hubungan signifikan tersebut memiliki tingkat standar signifikan atau kepercayaan 95% yang berarti tingkat kepercayaan dari kebenaran data yang diperoleh sebesar 95%, sehingga data yang diperoleh dari sampel dapat mewakili atau menjadi representasi dari populasi penelitian. Kata Kunci: Hubungan, Kreativitas Berpikir, Prestasi Belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi > 902 Aneka ragam sejarah
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:47
Terakhir diubah: 20 Apr 2022 02:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58654

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir