PENGARUH IBU BERPERAN GANDA TERHADAP PRESTASI AKADEMIK SISWA SD KELAS 3-6 (Studi Pada Ibu Rumah tangga Berperan Ganda di Perumahan Dwi karya, Kecamatan Way Pengubuan, Kabupaten Lampung Tengah)

DWI RIZKI FADILAH J, 151601094 (2019) PENGARUH IBU BERPERAN GANDA TERHADAP PRESTASI AKADEMIK SISWA SD KELAS 3-6 (Studi Pada Ibu Rumah tangga Berperan Ganda di Perumahan Dwi karya, Kecamatan Way Pengubuan, Kabupaten Lampung Tengah). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3671Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

This study aims to determine the effect of mothers dual role on the academic achievement of elementary students in grades 3-6. This research uses a quantitative. Data collection by interview, observation. The results of the study and discussion showed the relationship between the two research variables, namely the mother had a dual role with the achievement of elementary school students in the strong category. Through the table that has been included, it is also obtained the value of R Square or the Coefficient of Determination (KD) which shows how good the regression model is formed by the interaction of independent variables and dependent variables. The KD value obtained is 61.8%. So that it can be interpreted that the independent variable X has a contribution contribution of 61.8% to variable Y. This means that mothers play multiple roles have a strong contribution in improving children's achievement by providing additional learning facilities at home or by giving children tutoring outside school hours and some additional book facilities for learning that have not been obtained at school. Keywords: Dual Role Mothers, Academic Achievement. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ibu berperan ganda terhadap prestasi akademik siswa SD kelas 3-6. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dengan kuisioner dan wawancara. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan hubungan kedua variabel penelitian yaitu ibu berperan ganda dengan prestasi siswa SD berada pada kategori kuat. Melalui tabel yang telah dicantumkan juga diperoleh nilai R Square atau Koefisien Determinasi (KD) yang menunjukkan seberapa bagus model regresi yang dibentuk oleh interaksi variabel bebas dan variabel terikat. Nilai KD yang diperoleh adalah 61,8%. Sehingga dapat ditafsirkan bahwa variabel bebas Xmemiliki pengaruh kontribusi sebesar 61,8% terhadap variabel Y. Ini berarti bahwa ibu berperan ganda memiliki kontribusi yang kuat dalam meningkatkan prestasi anak dengan memberikan tambahan fasilitas belajar dirumah atau dengan memberikan anak bimbingan belajar diluar jam sekolah serta beberapa fasilitas buku tambahan untuk belajar yang belum didapatkan disekolahnya. Kata kunci : Ibu Peran Ganda, Prestasi Akademik

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 301 Sosiologi dan antropologi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 19 Apr 2022 07:10
Terakhir diubah: 19 Apr 2022 07:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58741

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir