PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTU MEDIA PERMAINAN KARTU BERPASANGAN TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP ALFALAKHUSSA’ADAH PAKUAN RATU KABUPATEN WAY KANAN

DESTY MELIVICASARI, 1513024057 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTU MEDIA PERMAINAN KARTU BERPASANGAN TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP ALFALAKHUSSA’ADAH PAKUAN RATU KABUPATEN WAY KANAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - Desty Mellyvica.pdf

Download (322Kb) | Preview
[img] File PDF
2 SKRIPSI FULL - Desty Mellyvica.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2713Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Desty Mellyvica.pdf

Download (2661Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantu media permainan kartu berpasangan terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi pokok “Sistem Peredaran Darah Manusia”. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu (quasi eksperiment) dengan desain pretes-postes kelompok tak ekuivalen (pretest-postest non-equivalen control group design). Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP Alfalakhussa’adah Pakuan Ratu Kabupaten Way Kanan yang berjumlah 61 orang dan ditentukan melalui teknik purposive sampling. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif berupa data aktivitas belajar peserta didik dan tanggapan peserta didik terhadap model pembelajaran yang digunakan yang dianalisis secara deskriptif dalam bentuk persentase. Serta data kuantitatif yang berupa data hasil belajar kognitif peserta didik yang diperoleh dari pretes dan postes yang dianalisis secara statistik dengan uji Independent Sample T-tes, dengan uji prasyarat berupa normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantu media permainan kartu berpasangan terhadap aktivitas dan hasil belajar kognitif peserta didik. Aktivitas peserta didik pada kelas eksperimen mengalami peningkatan dari pertemuan 1 ke pertemuan 2 dengan persentase rata-rata aktivitas sebesar 81%, termasuk kriteria sangat aktif. Hasil belajar kognitif peserta didik pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata N-gain lebih tinggi yakni sebesar 0,64 dibandingkan dengan rata-rata N-gain yang diperoleh peserta didik pada kelas kontrol yakni hanya sebesar 0,53. Hasil uji statistik parametrik Independent-Sample T-Test memperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 sehingga hipotesis H0 di tolak, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantu media permainan kartu berpasangan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, jigsaw, media permainan kartu berpasangan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Digilib2
Date Deposited: 19 Apr 2022 07:12
Terakhir diubah: 19 Apr 2022 07:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58777

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir