UPAYA MENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISION (STAD) BAGI SISWA KELAS III SD XAVERIUS 3 BANDARLAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012-2013

Yusup Komari Atmowasito, FA Sri Handayani (2013) UPAYA MENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISION (STAD) BAGI SISWA KELAS III SD XAVERIUS 3 BANDARLAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012-2013. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB I.pdf

Download (102Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB II.pdf

Download (240Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (130Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
BAB IV.pdf

Download (583Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB V.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (66Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (8Mb)

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah: (1) rendahnya aktivitas belajar siswa dan (2) rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1)meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran cooperatif learning tipe STAD, dan (2) meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 4 langkah kegiatan yang meliputi kegiatan perencanaan, melakukan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah perangkat tes, lembar observasi yang digunakan untuk mengamati aktivitas siswa dan kinerja guru. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Xaverius 3 Bandarlampung yang berjumlah 43 orang, yang terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Hasil analisis data diperoleh bahwa: (1) terdapat peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 9,25% dari 70,63% (sedang) menjadi 79,88% (tinggi). (2) Peningkatan kinerja guru dari siklus I ke siklus II sebesar 4,58% dari 74,79% (sedang) menjadi 79,37% (tinggi), dan (3) hasil ketuntasan belajar matematika siswa secara klasikal melalui penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD menunjukkan peningkatan yang cukup berarti dari 74,42% pada siklus I menjadi 86,05% pada siklus II, peningkatannya mencapai 11,63%. Dengan demikian pembelajaran dengan mempergunakan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: Aktivitas, hasil belajar, model pembelajaran cooperative learning tipe STAD.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
> QA Mathematics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: Robidin
Date Deposited: 27 Jan 2014 02:24
Terakhir diubah: 16 Apr 2015 06:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/588

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir