PENINGKATAN KONSEP DIRI MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 TERBANGGI BESAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ARDANA DILA ISWARI, 141305211 (2019) PENINGKATAN KONSEP DIRI MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 TERBANGGI BESAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2694Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2526Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah konsep diri siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah konsep diri siswa dapat ditingkatkan menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi?”. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan konsep diri menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Terbanggi Besar Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan yaitu Pre-Experimental Design dengan desain one-group pretest-posttest. Subjek penelitian ini sebanyak 12 siswa yang memiliki konsep diri tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data menggunakan skala konsep diri dan analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian memperoleh Zhitung = -3,059 < Ztabel 0,05 = 1,645. Dengan demikian, Ha diterima, yang berarti bahwa konsep diri pada siswa kelas XI dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi di SMK Negeri 1 Terbanggi Besar Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata kunci: bimbingan dan konseling, bimbingan kelompok, diskusi kelompok, konsep diri The problem in this study is the low self-concept of students. The problem in this research is “can self-concept of the students be upgraded by using group guidance service with discussion technique?”. The purpose of this research is to improve the self-concept of the students by using group guidance service with discussion technique. This research method is pre-exsperimental with one-group pretest-posttest design. The subjects of this research are 12 students who have low, medium, and high self-concept. This research uses self-concept scale as data collection technique. The pre-test and post-test data analysis using the Wilcoxon test obtains Zscore = -3.059 < Ztable0.05 = 1.645. Thus, Ha is accepted, which means that self-concept in eleven grade students can be increased by using Group Guidance Service With Discussion Techniques at Public Vocational High School 1 Terbanggi Besar academic year 2018/2019. Keywords: guidance and counseling, group discussions, group guidance, self concept

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 100 Filsafat dan psikologi
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 19 Apr 2022 06:47
Terakhir diubah: 19 Apr 2022 06:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58800

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir