PENGGUNAAN LAYANAN INFORMASI BIOGRAFI TOKOH DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS X DI SMK TRI SUKSES NATAR TAHUN AJARAN 2018/2019

ANNI ROFIQOTURROHMAH, 1413052008 (2019) PENGGUNAAN LAYANAN INFORMASI BIOGRAFI TOKOH DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS X DI SMK TRI SUKSES NATAR TAHUN AJARAN 2018/2019. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1080Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKIRPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (650Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas layanan informasi biografi tokoh dalam bimbingan kelompok. Studi ini dilaksanakan menggunakan metode quasi experimental dengan formula time series design yang dikenakan pada siswa kelas X di SMK Tri Sukses Natar tahun ajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian sebanyak 8 siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala motivasi belajar. Analisis data yang dipergunakan yaitu uji N-Gain dan uji Wilcoxon. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar siswa setelah diberikan layanan informasi biografi tokoh dalam bimbingan kelompok. Hal ini ditunjukkan dari analisis hasil pretest dan posttest motivasi belajar yang diperoleh Zhitung = -2,518 dan Ztabel = 0,000, maka Ho ditolak. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan informasi biografi tokoh dalam bimbingan kelompok. Kata kunci: bimbingan dan konseling, bimbingan kelompok, motivasi belajar The problem in this study is the low motivation to learn students in learning. This study aims to determine the effectiveness of biographical information on the group's guidance to increase learning motivation. This study was conducted using a quasi-experimental method with a time series design formula imposed on class X students at SMK Tri Sukses Natar in the 2018/2019 school year. Subjects in this study were 8 students who had high, medium and low learning motivation. Data were collected using a learning motivation scale. Analyses of the data used were N-Gain test and Wilcoxon tests. The results showed that there is an increase in student motivation after biographical information service is provided in group guidance. This is shown from the analysis of the results of the pre-test and posttest of learning motivation obtained by Zcount = -2,518 and Ztable = 0,000, then Ho is rejected. Then, it can be concluded that student motivation can be improved by using biographical information services of figures in group guidance. Keywords: guidance and counseling, group guidance, learning motivation

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 100 Filsafat dan psikologi
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 19 Apr 2022 02:12
Terakhir diubah: 19 Apr 2022 02:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58851

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir