Feralisa Usmarianti, 1813041012 (2022) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM DRAMA BUNGA SEMERAH DARAH DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (7Mb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (7Mb) |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (7Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Fokus penelitian ini akan membahas bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter dalam drama Bunga Semerah Darah karya W.S Rendra dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam drama Bunga Semerah Darah dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ialah drama Bunga Semerah Darah karya W.S Rendra. Data penelitian adalah dialog antar tokoh dalam drama tersebut yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter dalam drama Bunga Semerah Darah adalah nilai religius, nilai jujur, nilai toleransi, nilai disiplin, nilai kerja keras, nilai mandiri, nilai demokrasi, nilai kreatif, nilai rasa ingin tahu, nilai menghargai prestasi, nilai bersahabat atau komunikatif, nilai cinta damai, nilai peduli sosial, dan nilai tanggung jawab. Nilai-nilai pendidikan karakter dalam drama Bunga Semerah Darah dapat diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Pembelajaran yang berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan karakter dalam drama Bunga Semerah Darah terdapat pada kelas XI yaitu KD 3.19 Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton dan KD 4.19 Mendemontrasikan naskah drama dengan memperhatikan isi dan kebahasaan. Implikasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam drama Bunga Semerah Darah dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA dapat dilihat dalam bentuk bahan ajar berupa Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran dan Lembar Kerja Peserta Didik. Kata kunci: nilai pendidikan karakter, drama, dan pembelajaran bahasa Indonesia.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 100 Filsafat dan psikologi > 107 Pendidikan, penelitian, topik terkait filsafat 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 400 Bahasa |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 2203485653 . Digilib |
Date Deposited: | 08 Apr 2022 07:30 |
Terakhir diubah: | 08 Apr 2022 07:30 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58886 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |