NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM DRAMA BUNGA SEMERAH DARAH DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Feralisa Usmarianti, 1813041012 (2022) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM DRAMA BUNGA SEMERAH DARAH DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (7Mb) | Preview
[img] FIle PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (7Mb)
[img]
Preview
FIle PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (7Mb) | Preview

Abstrak

Fokus penelitian ini akan membahas bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter dalam drama Bunga Semerah Darah karya W.S Rendra dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam drama Bunga Semerah Darah dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ialah drama Bunga Semerah Darah karya W.S Rendra. Data penelitian adalah dialog antar tokoh dalam drama tersebut yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter dalam drama Bunga Semerah Darah adalah nilai religius, nilai jujur, nilai toleransi, nilai disiplin, nilai kerja keras, nilai mandiri, nilai demokrasi, nilai kreatif, nilai rasa ingin tahu, nilai menghargai prestasi, nilai bersahabat atau komunikatif, nilai cinta damai, nilai peduli sosial, dan nilai tanggung jawab. Nilai-nilai pendidikan karakter dalam drama Bunga Semerah Darah dapat diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Pembelajaran yang berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan karakter dalam drama Bunga Semerah Darah terdapat pada kelas XI yaitu KD 3.19 Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton dan KD 4.19 Mendemontrasikan naskah drama dengan memperhatikan isi dan kebahasaan. Implikasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam drama Bunga Semerah Darah dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA dapat dilihat dalam bentuk bahan ajar berupa Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran dan Lembar Kerja Peserta Didik. Kata kunci: nilai pendidikan karakter, drama, dan pembelajaran bahasa Indonesia.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 100 Filsafat dan psikologi > 107 Pendidikan, penelitian, topik terkait filsafat
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2203485653 . Digilib
Date Deposited: 08 Apr 2022 07:30
Terakhir diubah: 08 Apr 2022 07:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58886

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir