MODEL KEBIJAKAN INKREMENTAL UNTUK MEWUJUDKAN PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS (Studi pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pringsewu Tahun 2018)

REZA ARDHIA CAHYANI, 1516041104 (2019) MODEL KEBIJAKAN INKREMENTAL UNTUK MEWUJUDKAN PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS (Studi pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pringsewu Tahun 2018). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2302Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1359Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Education is one of the important sectors in development in each region to be able to develop rapidly. As an effort to equalize education, the Pringsewu District Education and Culture Office has implemented education quality standards with the guidelines of the Republic of Indonesia Law No. 20 of 2003 concerning the national education system and adjusting the vision and mission of the Pringsewu Regency government. In this study, researchers used research techniques namely data collection techniques, data analysis techniques, data validity techniques and using research informants to complement the research data conducted. This study aims to determine the implementation of quality standards of education carried out in Pringsewu District, especially in the implementation of educational facilities and infrastructure standards. In this study, researchers used a theory of incremental policy models developed by Lindblom. The findings of this study revealed that the implementation of the incremental policy model in Pringsewu District was quite good where the Education and Culture Office of Pringsewu District had tried to improve the quality standards of education that were not good and always tried to meet educational facilities well, fairly and evenly. The education policy carried out by the Pringsewu District Education and Culture Office has been carried out in stages and adjusted to the conditions of the needs on the ground but in the implementation of educational policies a little hampered by the lack of budget funds so that it slows the process to improve or build learning process facilities and implementation of learning in schools. Keywords : Quality standard, facilities and insfrastructure Pendidikan merupakan salah satu sektor penting dalam pembangunan di setiap daerah untuk dapat berkembang pesat. Sebagai upaya pemerataan pendidikan Dinas pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pringsewu, telah melaksanakan standar mutu pendidikan dengan pedoman UU RI no 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan menyesuaikan dengan visi dan misi pemerintah Kabupaten Pringsewu. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik penelitian yaitu teknik pengumpulan data, teknik analisis data, teknik keabsahan data dan menggunakan informan penelitian untuk melengkapi data penelitian yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan standar mutu pendidikan yang dijalankan di Kabupten Pringsewu khususnya dalam pelaksanaan standar sarana dan prasarana pendidikan. Dalam penelitian ini, peniliti menggunakan teori model kebijakan inkremental yang dikembangkan oleh Lindblom. Hasil temuan dari penelitian ini mengungkapkn bahwa pelaksanaan model kebijakan inkremental di Kabupaten Pringsewu sudah cukup baik dimana Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pringsewu sudah berupaya dalam memperbaiki standar mutu pendidikan yang kurang baik dan selalu berupaya untuk memenuhi fasilitas pendidikan dengan baik, adil dan merata. Kebijakan pendidikan yang dijalankan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pringsewu sudah dilakukan secara bertahap dan disesuaikan dengan kondisi kebutuhan di lapangan akan tetapi dalam pelaksanaan kebijakan pendidikan sedikit terhambat dengan minimnya dana anggaran sehingga memperlambat proses untuk memperbaiki atau membangun fasilitas proses pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Kata Kunci : Standar Mutu, Sarana dan Prasarana

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 350 Administrasi publik dan ilmu militer > 351 Administrasi publik
300 Ilmu sosial > 350 Administrasi publik dan ilmu militer > 353 Bidang khusus administrasi publik
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Negara
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 19 Apr 2022 02:05
Terakhir diubah: 19 Apr 2022 02:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58929

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir